Wah, Ada Tahu Sumedang Lezat di Pedalaman Kalimantan

31 Viewed admin5 0 respond
Wah, Ada Tahu Sumedang Lezat di Pedalaman Kalimantan
Wah, Ada Tahu Sumedang Lezat di Pedalaman Kalimantan

infokuberita.com – Wah, Ada Tahu Sumedang Lezat di Pedalaman Kalimantan – Hampir semua traveler mengenal kuliner Tahu Sumedang kan?. Namun, pernahkah Anda menikmati Tahu Sumedang di pedalaman Kalimantan.

Ya di Bukit Soeharto kita bisa menikmati Tahu Sumedang hangat-hangat dengan cabai rawit dan bumbu kecap dan terasinya. Tahu ini bisa dinikmati dari pukul 06.00-20.00 WITA di RM Tahu Sumedang. Jangan coba-coba membeli tahu setelah pukul 20.00 WITA. Meski restoran belum tutup, tahu tersebut sudah ludes dibeli.

Saat kita datang ke restoran ini sekitar pukul 21.00 WITA, restoran belum tutup namun tahu sudah habis. Kami pun kecewa.

Kami hanya makan menu lainnya di tempat ini, seperti nasi goreng, mi goreng, mi rebus, bebek goreng, dan ayam goreng. Sedangkan minuman yang kami pesan seperti teh tawar, teh manis, kopi susu dan kopi hitam. Sayangnya harga makanan di sini tidak ditulis di menu.

Single content advertisement top

Keesokan harinya, setelah pulang dari Samarinda menuju Balikpapan, barulah kami bisa menikmati Tahu Sumedang. Rombongan kami tiba di restoran tersebut pukul 18.00 WITA. Tahunya gurih dan renyah karena dinikmati hangat-hangat. Tahunya sangat lembut dan terasa seperti Tahu Lembang. Tahu juga dicocol dengan sambal kecap yang dicampur terasi atau bisa juga dinikmati hanya dengan cabai rawit, Maknyus! Tahu pun tandas ke perut.

Wah, Ada Tahu Sumedang Lezat di Pedalaman Kalimantan

Wah, Ada Tahu Sumedang Lezat di Pedalaman Kalimantan

Lokasi Rumah Makan Tahu Sumedang di tengah jalan dari Balikpapan ke Samarinda dan sebaliknya, atau tepatnya di Jl Raya Balikpapan-Samarinda Km 50, tepatnya di Bukit Merdeka, Semboja, Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur. Jika kita dari Balikpapan ke Samarinda, maka letak restoran sebelum melewati Bukit Soeharto. Namun jika kita dari Samarinda, maka letaknya setelah Bukit Soeharto. Karena dekat dengan Bukit Soeharto maka restoran ini lebih terkenal dengan nama Resto Bukit Soeharto.

Restoran ini paling ramai dikunjungi. Selain ada musala, parkir luas dan toilet yang lumayan bersih, pengemudi bisa istirahat sebelum melanjutkan perjalanan.

Yang paling menarik, restoran yang menjual makanan khas Sumedang itu berada di kanan dan kiri jalan. Jadi Anda tidak perlu repot-repot menyeberangkan kendaraan. Cukup parkir sesuai tujuan Anda.

Nah, bagi yang belum tahu Bukit Soeharto, apakah itu? Bukit Soeharto merupakan kawasan konservasi hutan. Bukit Soeharto terkenal dengan nama Taman Hutan Raya Bukit Soeharto.

Wah, Ada Tahu Sumedang Lezat di Pedalaman Kalimantan

Wah, Ada Tahu Sumedang Lezat di Pedalaman Kalimantan

Lahan seluas 61.850 hektare ini ditetapkan sebagai sebuah kawasan konservasi pada tahun 1991 silam saat era Pak Harto. Makanya bukit tersebut lebih terkenal dengan nama Bukit Soeharto.

Kawasan ini sangat gelap kala malam hari. Hanya beberapa mobil dan motor yang melenggang. Jika kita ingin ke Samarinda dari Balikpapan, perjalanan darat biasanya dilalui melalui jalan ini. Jalan ini masih terbilang baik meski lampu penerangan sangat minim dan berkelok-kelok serta hanya terdiri dari dua jalur yakni jalur untuk Samarinda dan sebaliknya.

Dulu, di sepanjang Bukit Soeharto ini terdiri dari pohon-pohon tinggi dan masih banyak hewan-hewan yang berada di dalam hutan. Kini, Bukit Soeharto tak terawat bahkan menjadi arena balap liar. Sungguh sedih melihatnya.

sumber : detik

berita terkait : Menikmati Keajaiban Pasir Timbul Derawan

berita Wisata , Tahu Sumedang Lezat di Pedalaman Kalimantan , Resto Bukit Soeharto , Lokasi Rumah Makan Tahu Sumedang , Jl Raya Balikpapan-Samarinda Km 50 , ukit Merdeka, Semboja, Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur ,

Don't miss the stories followPortal Berita & Gosip Terbaru and let's be smart!
Loading...
0/5 - 0
You need login to vote.
Filed in

Menikmati Keajaiban Pasir Timbul Derawan

Tiga Destinasi Memacu Adrenalin di New Zealand

Tiga Destinasi Memacu Adrenalin di New Zealand

Related posts
Your comment?
Leave a Reply