Tips Tetap Bugar Meski Seharian di Depan Komputer

484 Viewed admin3 0 respond
Tips Tetap Bugar Meski Seharian di Depan Komputer
Tips Tetap Bugar Meski Seharian di Depan Komputer

Tips Tetap Bugar Meski Seharian di Depan Komputer

infokuberita.com – Sekarang ini makin banyak saja orang-orang yang bekerja di depan komputer. Kalau dulu mungkin orang kantoran saja yang kerjanya di depan komputer, kini ibu rumah tangga sampai anak-anak pun betah nongkrong di depan komputer seharian penuh.

Perkembangan internet yang pesat membuat orang bisa bekerja dari rumah, sekalipun itu seorang ibu rumah tangga. Duduk di depan meja komputer sambil mengurus anak dan beres-beres rumah adalah sebuah cara yang ideal bagi ibu rumah tangga untuk menghasilkan uang.

Single content advertisement top
Tips Tetap Bugar Meski Seharian di Depan Komputer

Tips Tetap Bugar Meski Seharian di Depan Komputer

Namun perlu diingat, berjam-jam memelototi layar komputer bisa mengancam kesehatan kita. Mulai dari kesehatan mata, rentan sakit kepala, sakit punggung, nyeri pergelangan tangan, kelelahan otot, kram di tangan, lengan, bahu yang dapat menyebabkan gangguan kronis otot dan tendon.

Lalu, apakah kita harus berhenti dari kegiatan kita di depan komputer? Seharian di depan komputer sebenarnya tak masalah asal tahu ilmunya. Ilmu inilah yang akan menjauhkan diri kita dari dampak buruk akibat berlama-lama di depan layar komputer.

Tips Tetap Bugar Meski Seharian di Depan Komputer

infokuberita.com – Mengatur posisi duduk yang tepat. Kaki diletakkan lurus di lantai dengan lutut sedikit lebih tinggi dari pinggul atau bangku. Posisi siku di samping atau letakkan di sandaran kursi dan bahu dalam keadaan rileks. Kepala memandang lurus ke depan dengan fokus pada pernafasan perut untuk meningkatkan kadar oksigen yang masuk ke dalam tubuh.

infokuberita.com – Banyak minum air. Minumlah air, teh atau jus buah, namun air putihlah yang harus jadi prioritas agan terhindar dari dehidrasi. Sebab kekurangan air dapat membuat tubuh cepat lelah. Seringkila ketika kita bekerja di depan komputer, kita tidak mengindahkan kebutuhan satu ini dengan alasan tidak haus. Padahal air bukanlah sekedar mengobati rasa haus saja, tapi juga membantu kerja ginjal, terlebih pekerjaan yang kita hadapi menuntut diam di tempat duduk.

infokuberita.com – Atur pencahayaan monitor. Aturlah kecerahan layar dengan benar, kontras, posisi, tinggi, dan lebar gambar pada layar komputer. Ada baiknya gunakan screen protector (pelindung layar komputer). Perangkat ringan ini dapat berfungsi mengurangi efek radiasi yang dipancarkan layar komputer. Apalagi kalau kamu masih menggunakan layar monitor tabung (CRT). Penggunaan screen protector merupakan keharusan. Untuk jarak pandang antara layar monitor dengan mata, aturlah seideal mungkin, yaitu sekitar 45 cm.

infokuberita.com – Rehat sejenak dan bergerak. Lakukanlah rehat setiap 60 menit. Misalnya dengan berdiri, berjalan-jalan, dan melakukan stretching (peregangan). Cara ini dapat melemaskan otot-otot yang kaku sekaligus dapat melepas ketegangan otak yang sedari tadi digunakan untuk berfikir. Selain itu juga bisa menghilangkan kejenuhan.

infokuberita.com – Menjaga pola makan yang sehat dan berolahraga. Konsumsilah makan-makanan yang sehat, sebaliknya jauhi makanan yang kurang sehat, apalagi fast food. Disamping itu, tetaplah berolahraga rutin untuk menjaga kebugaran tubuh. Kalau tidak bisa seminggu berturut-turut, 3 kali dalam seminggu sudah cukup baik. Tidak perlu olahraga yang berat-berat, cukup jogging selama 1,5 jam juga udah cukup.
Itulah tips dan cara menjaga kesehatan tubuh ketika kita bekerja di depan komputer. Ingat, merawat dan memelihara kesehatan tentu lebih baik bukan daripada mengobatinya. Semoga bermanfaat 🙂

 

sumber: catatankecilku

artikel terkait: Tips Agar Tak Salah Pilih Sepatu Saat Belanja Online

tips dan trik, gaya hidup, kesehatan

Don't miss the stories followPortal Berita & Gosip Terbaru and let's be smart!
Loading...
0/5 - 0
You need login to vote.
ekstrem-berolahraga-bisa-picu-keracunan-darah

Ekstrem Berolahraga Bisa Picu Keracunan Darah

4 Makanan yang harus Dihindari Ketika Sahur

4 Makanan yang harus Dihindari Ketika Sahur

Related posts
Your comment?
Leave a Reply