Tips Mengendalikan Mobil Saat Rem Blong

61 Viewed admin1 0 respond
Tips Mengendalikan Mobil Saat Rem Blong
Tips Mengendalikan Mobil Saat Rem Blong

infokuberita.com – Kasus rem blong pada kendaraan roda empat menjadi salah satu pemicu kecelakaan fatal. Pasalnya, kendaraan menjadi tidak terkendali dan dapat menerabas apapun yang dilewatinya. Apalagi jika rem blong dialami oleh transportasi umum seperti bus, risiko terjadinya korban luka dan tewas menjadi cukup besar.

Soal rem tidak bisa dipandang sepele. Pengecekan yang rutin mesti selalu dilakukan untuk memastikan rem tetap pakem dalam kecepatan rendah, sedang, hingga tinggi. Salah satu komponen yang wajib diperiksa adalah minyak rem. Minyak rem yang warna telah berubah wajib diganti baru karena memengaruhi kepakeman saat melakukan pengereman.

Single content advertisement top

Bagian rem lainnya yang perlu dikontrol rutin adalah booster dan pedal rem. Cara mengeceknya yaitu injak pedal sewaktu mesin mati, lalu nyalakan mesin sembari tetap menginjaknya. Jika pedal terasa ada tekanan pada waktu mesin mati, lalu agak mengendor saat mesin dinyalakan, maka pedal rem terbilang masih baik fungsinya.

Tips Mengendalikan Mobil Saat Rem Blong

Tips Mengendalikan Mobil Saat Rem Blong

Dikutip dari laman Okezone, rem blong dapat dialami siapa pun dan kondisi apapun. Jika sampai mengalaminya yang harus dilakukan adalah mengendalikan diri agar tidak panik. Beberapa cara bisa dilakukan untuk memperlambat laju kendaraan. Cara pertama dengan memompa atau injak pedal rem dengan cepat.

Namun ada kalanya cara pertama tidak maksimal efeknya. Kalau demikian maka dapat diikuti langkah kedua yakni menurunkan gigi persneling bertahap (5-4, 4-3, 3-2, 2-1). Hanya mungkin dapat terjadi kasus roda mengunci. Jika roda sampai terkunci maka kurangi tekanan injakan di pedal rem untuk mengurangi dampak buruk.

Di samping itu dapat pula memanfaatkan handbreak atau rem tangan. Terapkan rem tangan secara perlahan dan jangan terburu-buru. Jika tergesa maka risikonya mobil dapat terguling.

Paduan dari berbagai cara tersebut dapat membantu kasus rem blong teratasi. Jika kendaraan sudah berhenti maka segera lakukan perbaikan secepatnya.

berita terkait: Tips Memilih Mangga Matang Biar Tidak Dapat yang Asam

sumber: sidomi.com

Don't miss the stories followPortal Berita & Gosip Terbaru and let's be smart!
Loading...
0/5 - 0
You need login to vote.
Filed in
Tips Memilih Mangga Matang Biar Tidak Dapat yang Asam

Tips Memilih Mangga Matang Biar Tidak Dapat yang Asam

Tips Mengurangi Lemak Dalam Makanan, Penting

Tips Mengurangi Lemak Dalam Makanan, Penting

Related posts
Your comment?
Leave a Reply