Tips Mendapatkan Sales Leads Secara Online

568 Viewed admin3 0 respond
Tips Mendapatkan Sales Leads Secara Online
Tips Mendapatkan Sales Leads Secara Online

Tips Mendapatkan Sales Leads Secara Online

infokuberita.com – Artikel ini membahas mengenai apa itu Sales Leads dan bagaimana cara mendapatkan Sales Leads melalui media online yang bisa meningkatkan penjualan. Perbincangan mengenai Sales Leads ini menjadi Trending Topic di kalangan pelaku Internet Marketing dan Bisnis Online.

Tips Mendapatkan Sales Leads Secara Online

Tips Mendapatkan Sales Leads Secara Online

PENGERTIAN SALES LEADS
Sebelum melangkah lebih jauh, mari kita ketahui dahulu apa itu Sales Leads. Sales Leads merupakan sekumpulan informasi data calon kostumer atau pelanggan yang dianggap potensial oleh suatu perusahaan yang dikumpulkan dengan menggunakan iklan. Singkatnya Sales Leads ini biasa disebut database kostumer yang valid.

Perusahaan besar yang bergerak dalam bidang penjualan biasanya memiliki dua divisi yang sangat vital, yaitu Divisi Marketing dan Divisi Sales. Divisi Marketing berperan dalam memasarkan produk atau jasa dengan cara branding melalui iklan (media cetak dan online). Data yang didapat dari iklan tersebut akan disaring terlebih dahulu hingga menjadi data yang potensial atau valid (Sales Leads). Divisi Sales kemudian akan berupaya untuk meng-konversi-kan Sales Leads tersebut menjadi penjualan alias laku.

Single content advertisement top

CARA MENDAPATKAN SALES LEADS

KUALITAS VS KUANTITAS
Dibawah ini merupakan topik yang sering diperdebatkan antara Divisi Marketing & Divisi Sales seputar Sales Leads dalam suatu perusahaan:
– Divisi Sales membutuhkan Leads yang banyak.
– Divisi Marketing perlu mencari data yang banyak.
– Divisi Sales sering komplain dengan Leads yang diberikan oleh Divisi Marketing
– Divisi Sales membutuhkan Leads yang lebih baik
– Divisi Marketing perlu strategi yang lebih efektif, walaupun sedikit namun berkualitas.

Ada kalangan yang pro dan ada juga kalangan yang kontra mengenai Sales Leads dari segi Kualitas VS Kuantitas. Namun, kami tidak berdiri di salah satu kubu. Kami lebih memilih menjadi penengah karena menurut kami kedua metode tersebut sama-sama efektif dalam meningkatkan penjualan.

1. SALES LEADS Berdasarkan KUALITAS
Untuk mendapatkan Sales Leads yang berkualitas tentunya promosi iklan yang disampaikan kepada calon pembeli harus benar-benar dipikirkan secara matang. Isi dari iklan tentunya harus memberikan penawaran yang transparan dan benar-benar relevan dengan barang atau jasa yang ditawarkan.

Media iklan yang digunakan untuk mendapatkan Leads yang berkualitas tentunya membutuhkan biaya yang lumayan besar. Namun, data Leads yang didapat akan benar-benar menjaring calon kostumer yang potensial. Berikut berupakan media iklan online yang bisa Anda gunakan untuk mendapatkan Leads yang berkualitas:

GOOGLE ADWORDS

Untuk menggunakan layanan iklan dari Google ini, Anda membutuhkan akun Google. Iklan akan ditampilkan di mesin pencari Google, website yang terintegrasi Adsense, dan juga melalui Video Youtube yang terintegrasi dengan Adsense. Untuk biaya, Google memberlakukan sistem bidding CPC (Cost per Click), yaitu harga per klik tergantung dengan tingkat kepopuleran keyword atau kata kunci yang digunakan.

KEUNTUNGAN:
– Presentase Leads yang didapatkan sangat potensial.
– Proses pengumpulan Leads relatif singkat.
– Target Leads bisa ditargetkan secara spesifik berdasarkan letak geografis dan perangkat yang digunakan.
– Menggapai Leads diluar kota maupun internasional.

KELEMAHAN:
– Biaya yang dibutuhkan akan mahal apabila kita memilih kata kunci populer.
– Leads yang didapat sedikit jika kita menekan budget per bidding.

FACEBOOK ADS

Layanan iklan yang disediakan oleh Facebook ini sangat penting untuk dicoba karena Facebook merupakann situs media sosial yang memiliki pengguna terbanyak di Indonesia bahkan seluruh dunia. Iklan akan ditampilkan di “News Feed” dan pojok kanan halaman Facebook.

Untuk biaya, sama seperti Google Adwords yaitu CPC. Namun bukan berdasarkan keyword melainkan letak geografis. Tiap-tiap negara biasanya memiliki harga yang berbeda. Saat ini yang termahal adalah Amerika (USA). Untuk Indonesia, biaya estimasi CPC rata-rata menurut survey yang kami lakukan adalah sebesar Rp 300 s/d 1000 per klik.

KEUNTUNGAN:
– Presentase Leads yang didapatkan sangat potensial.
– Proses pengumpulan Leads relatif singkat.
– Target Leads bisa ditargetkan secara spesifik berdasarkan letak geografis, minat pengguna, pekerjaan, jenis kelamin bahkan gadget yang digunakan.
– Menggapai Leads diluar kota maupun internasional.

KELEMAHAN:
– Biaya yang dibutuhkan akan mahal apabila kita memilih lokasi luar negeri.
– Leads yang didapat sedikit jika kita menekan budget per bidding.

#2 Sales Leads Berdasarkan KUANTITAS
Untuk mendapatkan sales leads berdasarkan kuantitas sebenarnya sangat mudah. Namun untuk proses pengelolaannya membutuhkan banyak waktu dan kadang biaya operasionalnya pun bisa lebih mahal. Biasanya sales leads berdasarkan kualitas ini didapatkan dari database yang dibeli dari pihak penyedia database.

Database yang bisa dibeli bermacam-macam sumbernya. Ada yang merupakan database pengguna kartu kredit, pembelian mobil, pembelian online, dll. Cara ini sebenarnya ilegal menurut aturan undang-undang. Namun, pada kenyataannya masih banyak perusahaan yang menggunakan cara ini.

 

sumber: tips dan trik

artikel terkait:  9 Tips Agar Wajah Lebih Fotogenik

tips dan trik

 

Don't miss the stories followPortal Berita & Gosip Terbaru and let's be smart!
Loading...
0/5 - 0
You need login to vote.
Filed in
9 Tips Agar Wajah Lebih Fotogenik

9 Tips Agar Wajah Lebih Fotogenik

Tips Agar Tidak Boros dalam Keuangan

Tips Agar Tidak Boros dalam Keuangan

Related posts
Your comment?
Leave a Reply