Tangan Sering Gemetar, Gejala Parkinson?

385 Viewed admin2 0 respond
Tangan Sering Gemetar, Gejala Parkinson?
Tangan Sering Gemetar, Gejala Parkinson?

infokuberita – Penyakit parkinson memiliki satu tanda khas, yakni gemetar atau tremor pada bagian tubuh seperti tangan atau kaki. Namun, apakah semua tremor merupakan gejala parkinson?

Tangan yang tiba-tiba gemetar saat mengangkat atau memegang suatu benda atau gemetar hanya pada bagian jari telunjuk ketika harus menahan selembar kertas di atasnya, hal itu mungkin pernah Anda alami.

Dokter Spesialis Saraf Frandy Susatia mengungkapkan, tremor karena mengangkat sebuah benda seperti sendok, pensil, bukanlah tremor yang menandai penyakit parkinson. “Tremor itu banyak sekali jenisnya. Orang normal bisa ada tremor,” terang Frandy di Jakarta, Kamis (9/9/2015).

Single content advertisement top

Tremor seperti itu bisa muncul karena berbagai faktor seperti kecemasan, kelelahan sehingga terjadi kontraksi otot dan berelaksasi secara berulang. Sedangkan ciri khas tremor sebagai gejala parkinson, yaitu tremor saat istirahat.

“Kalau parkinson, tremor saat istirahat. Misalnya, lagi diam lalu tangannya gemetar terus,” terang dokter dari Parkinson and Movement Disorder Center, RS Siloam Kebon Jeruk, Jakarta ini.

Tangan Sering Gemetar, Gejala Parkinson?

Tangan Sering Gemetar, Gejala Parkinson?

Tangan Sering Gemetar, Gejala Parkinson?

Tremor pada parkinson terjadi karena kerusakan sel saraf di bagian otak yang bernama basal ganglia, yaitu sel saraf yang berfungsi mengontrol gerakan tubuh. Selain tremor saat istirahat, parkinson juga ditandai dengan kekakuan pada tubuh (rigiditas), gerakan lamban (akinesia), & gangguan postur tubuh (postural impaired). Keempat gejala tersebut biasa digunakan dokter untuk mendiagnosis penyakit parkinson.

Sering kali terjadi dua atau tiga gejala yang muncul. Namun, jika sudah muncul gejala pertama, yaitu tremor, segera periksa ke dokter. Jika terjadi kemungkinan parkinson, gejala dapat diatasi dengan minum obat, olahraga, & fisioterapi.

Parkinson hingaa saat ini belum bisa disembuhkan. Pemberian obat hingga operasi dapat menjadi pilihan untuk memperlambat gejala parkinson lebih buruk sehingga dapat meningkatkan kualitas hidup penderitanya.

 

Sumber : kompas

Artikel Terkait : Waspada, Benturan Keras di Kepala Bisa Sebabkan Parkinson

Don't miss the stories followPortal Berita & Gosip Terbaru and let's be smart!
Loading...
0/5 - 0
You need login to vote.
Filed in
Waspada, Benturan Keras di Kepala Bisa Sebabkan Parkinson

Waspada, Benturan Keras di Kepala Bisa Sebabkan Parkinson

5-jenis-rempah-rempah-cegah-serangan-jantung

5 Jenis Rempah-Rempah Cegah Serangan Jantung

Related posts
Your comment?
Leave a Reply