Sensasi Magis Bukit Kelam: Uluru Rasa Indonesia

279 Viewed infok 0 respond
Sensasi Magis Bukit Kelam: Uluru Rasa Indonesia
Sensasi Magis Bukit Kelam: Uluru Rasa Indonesia

infokuberita – Hari libur memang paling pas bila digunakan untuk berwisata atau menurut bahasa orang sekarang piknik. Namun, berlibur ke tempat yang sama di sekitar daerah tempat tinggal, lama-lama juga terasa membosankan. Butuh destinasi baru yang juga tak kalah indah dan pastinya menarik untuk dijadikan koleksi pelesiran paling berkesan.

Salah satu destinasi tak biasa yang patut dikunjungi di Indonesia ada di Kalimantan. Tepat di daerah Sintang, Kalimantan Barat, wisatawan dapat menikmati suguhan panorama bukit yang unik, bernama Bukit Kelam. Bukit ini memiliki beberapa keunikan. Mulai beragam cerita masyarakat yang mengiringinya, hingga yang paling santer dijuluki sebagai Uluru-nya Indonesia.

Single content advertisement top

Seperti yang diketahui, Uluru atau Ayers Rock menjadi salah satu ikon alam Australia Utara, sebelah selatannya Darwin. Karena kecantikannya, Uluru dan Kata Tjuta National Park dinobatkan sebagai salah satu situs warisan dunia UNESCO. Begitu juga dengan Bukit Kelam ini, meski belum masuk situs warisan dunia UNESCO, tetapi sejak dibuka sebagai tempat wisata pada 2002, keindahannya seolah menjadi magnet yang menarik banyak wisatawan.

Mulai Perjalanan

Menuju Bukit Kelam dapat dilalui menggunakan transportasi udara. Jika titik keberangkatannya dari Jakarta, wisatawan dapat mengambil rute penerbangan menuju Pontianak. Harga tiket menuju ibu kota Kalimantan Barat terbilang relatif murah. Cukup merogoh kocek sekitar Rp 398.963,- wisatawan sudah bisa terbang Jakarta-Pontianak pulang-pergi.

Sensasi Magis Bukit Kelam: Uluru Rasa Indonesia

Sensasi Magis Bukit Kelam: Uluru Rasa Indonesia

Dari Pontianak perjalanan dilanjutkan ke Kabupaten Sintang. Wisatawan bisa memanfaatkan angkutan umum seperti bus, taksi atau kendaraan travel. Taman Wisata Alam Bukit Kelam berjarak sekitar 19 kilometer ke arah timur dari pusat kota Sintang. Setelah sampai di parkiran, perjalanan dapat dilanjutkan dengan berjalan kaki, menyusuri anak tangga.

Meski memiliki ketinggian total sekitar 900 mdpl dengan kemiringan 15-40 derajat, namun seluruh bagian Bukit Kelam berupa batu. Uniknya, batu ini masih bisa ditumbuhi beragam tumbuhan. Inilah yang menjadi daya tarik Bukit Kelam, hingga disamakan dengan Uluru yang tak lain juga merupakan batu raksasa yang membentuk bukit di Australia.

Sisi Magis Bukit Kelam

Seperti beberapa lokasi wisata di Indonesia yang lekat dengan cerita rakyat, Bukit Kelam ini juga menyimpan cerita legenda. Konon, ada seorang pemuda bernama Bujang Besi. Pemuda Dayak ini berniat menutup Sungai Kapuas dan Sungai Melawi dengan batu besar. Bujang ingin menjadikan Sintang sebagai danau.

Namun, upayanya tersebut gagal lantaran dia tergoda oleh paras ayu bidadari, hingga menyebabkannya terperosok di lubang. Nasib kelam yang menimpa Bujang itulah yang membuatnya gagal mengangkat batu besar dan membiarkannya begitu saja, hingga kini menjadi Bukit Kelam. Kisah Bujang Besi ini digambarkan di dinding Taman Wisata Alam Bukit Kelam.

Sensasi Magis Bukit Kelam: Uluru Rasa Indonesia

Sensasi Magis Bukit Kelam: Uluru Rasa Indonesia

Pandangan Sains Pada Bukit Kelam

Lain orang, lain pula cerita yang mengiri Bukit Kelam ini. Menurut para peniliti, Bukit Kelam justru merupakan sebuah meteor yang jatuh ke bumi. Anggapan ini didasarkan pada hasil penelitian unsur bebatuan meteor yang membentuk Bukit Kelam. Banyaknya batu sejenis di sekeliling Bukit Kelam yang juga diduga pecahan meteor, kian menguatkan pandangan sains tentang Bukit Kelam.

Jajal Medan Pendakian Bukit Kelam

Atraksi wisata utama dari Bukit Kelam adalah pendakian. Tak perlu khawatir terjatuh, karena pihak pengelola sudah menyediakan tangga menuju puncak. Rata-rata bagi yang baru pertama kali mendaki Bukit Kelam, menghabiskan waktu 4 jam hingga sampai puncak. Di sepanjang jalur pendakian, wisatawan akan disuguhi hutan lebat dengan aneka pepohonan yang terbilang langka dan endemik sana. Sebut saja pohon Belian (Eusideroxylon zwageri)dan Bengkirai (Shoreaspp.)

Tiket masuk ke Bukit Kelam sekitar Rp 15.000,- hingga Rp 20.000,-. Fasilitas penunjang juga terbilang lengkap, seperti pusat informasi, penunjuk arah, camping ground, toilet maupun sentra oleh-oleh. Bagi wisatawan yang datang dari jauh bisa menginap di hotel di pusat Kota Sintang. Seperti di dua hotel terbaiknya, yaitu Hotel Sakura dengan tarif mulai Rp 165.000,- atau Sintang Permai Hotel dengan tarif mulai Rp 260.000,-.

Sudah siap pergi ke Kalimantan Barat, jangan lupa mengunjungi Bukit Kelam. Selamat berlibur.

sumber : merdeka

Berita terkait : 3 Wisata Bahari di Indonesia

wisata, kalimantan barat, destinasi liburan, kota sintang, bukit kelam, pontianak, taman wisata alam

Don't miss the stories followPortal Berita & Gosip Terbaru and let's be smart!
Loading...
0/5 - 0
You need login to vote.
Filed in
3 Wisata Bahari di Indonesia

3 Wisata Bahari di Indonesia

7 Destinasi Wisata yang Bikin Orang Indonesia Bahagia

7 Destinasi Wisata yang Bikin Orang Indonesia Bahagia

Related posts
Your comment?
Leave a Reply