Selain Cegah Kanker, Ini Manfaat Tahu

398 Viewed admin4 0 respond
selain-cegah-kanker-ini-manfaat-tahu
selain-cegah-kanker-ini-manfaat-tahu

Infokuberita.com – SIAPA tak kenal tahu? Lauk yang terbuat dari olahan kedelai itu sangat lazim dikonsumsi oleh masyarakat Tanah Air. Bahkan, tahu seolah-olah menjadi menu wajib yang kerap hadir di meja makan kita.

Tahu dapat diolah menjadi berbagai jenis makanan, baik itu digoreng atau dimasak dengan bahan makanan lain. Selain rasanya yang lezat, tahu juga memiliki banyak manfaat yang menyehatkan tubuh.

Single content advertisement top

Berikut ini sejumlah manfaat mengonsumsi tahu, seperti dikutip dari Organicfacts:

Memberi asupan protein

Tubuh manusia perlu protein untuk dapat berfungsi dengan baik. Protein tidak hanya terkandung dalam daging, namun juga ada pada sayuran seperti kacang kedelai yang menjadi bahan dasar tahu.

Kacang kedelai yang diolah menjadi tahu mengandung asam amino. Asam amino ini diperlukan untuk menjaga tubuh tetap sehat.

Menurunkan kadar kolesterol

Tahu dapat mengurangi tingkat kolesterol dalam tubuh karena tahu memiliki kemampuan untuk menyerap minyak goreng dan cairan berbahaya lain.

Tahu memiliki kadar lemak jenuh lebih sedikit dan lemak tak jenuh lebih banyak dari daging sapi, sehingga dapat mengatur metabolisme lebih baik dari daging.

Mencegah anemia

Manfaat lain dari tahu yaitu dapat mencegah anemia. Penelitian yang dilakukan di Tiongkok mengatakan, tahu dapat menurunkan risiko anemia pada orang dewasa.

Mencegah kanker

Tofu mengandung zat isoflavon yang dikenal bermanfaat untuk mengurangi risiko kanker. Debuah penelitian terkait dengan hubungan kedelai dan kanker menunjukkan mengonsumsi tahu secara teratur dapat mengurangi risiko kanker endometrium pada wanita.

Mencegah penyakit kardiovaskular

Kedelai yang menjadi bahan dasar tahu dapat menurunkan kadar lemak jenuh dan kolesterol dalam tubuh, sehingga dapat menjaga kesehatan jantung dan mengurangi risiko penyakit kardiovaskular.

Memberi asupan zat besi

Zat besi merupakan zat yang penting untuk memasok oksigen ke seluruh tubuh agar tubuh dapat menjalankan fungsinya dengan baik. Zat besi akan membentuk hemoglobin yang mengangkut gas oksigen ke seluruh tubuh.

Tahu merupakan salah satu penyedia zat besi dalam jumlah besar, sehingga dapat membantu sirkulasi oksigen dalam tubuh.

 

Sumber : Okezone

Berita Terkait : Jangan Sampai Indonesia Impor Temulawak

Kesehatan , Kanker , Manfaat tahu

Don't miss the stories followPortal Berita & Gosip Terbaru and let's be smart!
Loading...
0/5 - 0
You need login to vote.
Filed in
jangan-sampai-indonesia-impor-temulawak

Jangan Sampai Indonesia Impor Temulawak

jangan-sepelekan-kandungan-tomat-lokal

Jangan Sepelekan Kandungan Tomat Lokal

Related posts
Your comment?
Leave a Reply