Pintar-Pintar Bermain Facebook

549 Viewed admin2 0 respond
Pintar-pintar Bermain Facebook
Pintar-pintar Bermain Facebook

Facebook masih jejaring sosial paling digandrungi. Namun memakainya jangan sembarangan atau kebablasan. Ada pakem-pakem tertentu yang sejatinya harus tetap dipegang di media sosial buatan Mark Zuckerberg ini.


Berikut beberapa tips menggunakan Facebook yang mungkin masih berguna bagi pengguna awam:

Pentingnya Menjadi Diri Sendiri

Single content advertisement top

Facebook merupakan sebuah komunitas dimana semua orang menggunakan nama dan identitas asli, agar kita dapat bertanggung jawab atas berbagai tindakan yang dilakukan.

Menggunakan informasi salah mengenai nama dan umur sebenarnya adalah pelanggaran aturan. Facebook malah berharap pengguna dapat membantu mereka untuk membuat komunitas ini tetap aman dan nyaman dengan melaporkan halaman profil yang palsu di Facebook apabila Anda mengetahuinya.

Tapi ingat juga, jangan terlalu mengumbar informasi pribadi di Facebook. Misalnya alamat rumah atau nomor telepon sebaiknya jangan dipajang. Bukan apa-apa, hanya untuk mengantisipasi jika ada orang yang berniat jahat.

Memang menarik untuk berbagi cerita saat berada dalam momen tertentu atau sekadar curhat. Tapi ingat, ada beberapa hal yang Anda ungkapkan bisa membuat orang lain tidak nyaman.

Pikirkan kembali sebelum Anda mengungkapkannya di Facebook. Tanyakan pada diri Anda sendiri apakah Anda benar-benar ingin mengungkapkannya. Pastikan teman-teman di Facebook tidak tersinggung saat mereka mengetahui apa yang Anda ungkapkan.

Pintar-pintar Bermain Facebook

Pintar-pintar Bermain Facebook

Anda juga perlu ingat ini, semua informasi yang Anda posting apakah itu di komentar, wall, ataupun video dapat digunakan kembali dan disebarkan dengan cara yang mungkin Anda tidak inginkan. Sekali sudah diposting, susah untuk benar-benar menghapusnya.

Karenanya, sebelum Anda memposting, tanya kembali apakah konten ini tidak bermasalah jika disebarkan ke khalayak lain? Terlebih lagi saat ini, ada ancaman pidana UU ITE bagi yang dianggap mencemarkan nama baik pihak lain di media sosial.

Apabila Anda telah mengungkapkan hal yang tidak semestinya diungkapkan, tidak pernah ada kata terlambat untuk meminta maaf.

Jangan Hubungi Saya Lagi!

Apabila Anda pernah menerima pesan atau postingan yang tidak menyenangkan atau bahkan kasar, Anda memiliki pilihan untuk menanggapinya.

Tergantung seberapa serius situasinya, Anda dapat membiarkannya, meminta orang tersebut untuk berhenti, memilih untuk tidak berteman lagi di Facebook (unfriend) atau memblokir profil tersebut (blok). Bisa juga melaporkannya pada orang yang dipercaya.

Semua orang berhak untuk diperlakukan dengan hormat. Jadi perlakukan orang yang menganggu dengan tindakan tegas.

Pintar-Pintar Bermain Facebook

Pintar-pintar Bermain Facebook

Pintar-pintar Bermain Facebook

Laporkan Konten Tidak Menyenangkan atau Kasar

Pastikan selalu melaporkan konten semacam ini-apakah itu ada di profil Anda ataupun profil orang lain. Anda juga bisa melaporkan halaman, grup, kegiatan atau profil palsu yang tidak sesuai. Ketahuilah bahwa pelaporan ini bersifat rahasia, jadi tidak akan ada yang mengetahui siapa pelapornya.

Jangan Mengakses Link Sembarangan

Dewasa ini, banyak link disebar di Facebook. Kadang-kadang berisi konten yang menggoda dan bikin penasaran. Awas jangan sembarangan diklik. Bisa-bisa yang Anda klik adalah program jahat yang berpotensi bikin malu, karena juga tersebar di akun Facebook teman-teman.

Intinya adalah jika sebuah link terasa mencurigakan, jangan sampai diklik. Lebih baik cari aman, lewati saja dan lihat postingan selanjutnya.

Tips lainnya yang bermanfaat untuk para remaja:
1. Jangan beritahukan kata kunci atau password Anda pada siapapun.
2. Hanya menerima friend request dari orang-orang yang Anda ketahui.
3. Jangan mengungkapkan atau posting hal yang tidak ingin diketahui oleh orang tua, guru atau atasan Anda.
4. Jadilah diri sendiri. Kepribadian Anda yang sesungguhnya lebih baik dibandingkan berpura-pura menjadi pribadi lain.
5. Pelajari pengaturan privasi atau privacy settings, dan sering tinjau peraturan tersebut kembali.

Pintar-pintar Bermain Facebook

Pintar-pintar Bermain Facebook

Sumber : Detik.com

Artikel Terkait : LG Siap Luncurkan G4 Pro dengan Kamera 27 Megapiksel

Don't miss the stories followPortal Berita & Gosip Terbaru and let's be smart!
Loading...
0/5 - 0
You need login to vote.
samsung-hadirkan-aplikasi-restore-menu-android

Samsung Hadirkan Aplikasi Restore Menu Android

XL Resmikan Layanan Beli Aplikasi Android dengan Pulsa

XL Resmikan Layanan Beli Aplikasi Android dengan Pulsa

Related posts
Your comment?
Leave a Reply