Penyebab dan Gejala Malaria yang Perlu Diwaspadai

116 Viewed admin1 0 respond
Penyebab dan Gejala Malaria yang Perlu Diwaspadai
Penyebab dan Gejala Malaria yang Perlu Diwaspadai

infokuberita.comMUNGKIN Anda lebih takut jika terkena demam berdarah dengue atau DBD. Tapi, jangan pernah meremehkan penyakit malaria yang juga disebabkan oleh gigitan nyamuk.

Dalam kondisi tertentu, malaria juga dapat mengancam nyawa, sama seperti DBD. Karena itu, penting untuk mengetahui penyebab dan gejala dari malaria.

Karena mengetahui penyebab dan gejala malaria dapat menyelematkan banyak nyawa. Berikut penyebab dan gejala dari malaria yang dilansir dari Boldsky:

Gigitan nyamuk

Malaria disebabkan oleh gigitan nyamuk Anopheles betina. Nyamuk betina ini aktif di pagi dan sore hari menjelang malam.

Single content advertisement top

Travelling

Bepergian ke belahan dunia, di mana penyakit ini menjadi endemik merupakan salah satu penyebab utama malaria. Ada peraturan di banyak negara yang mengharuskan seseorang telah diuji negatif terhadap malaria sebelum masuk ke negara tersebut.

Transfusi darah

Tranfusi darah adalah hal lain, namun tak jarang menjadi penyebab malaria. Hal ini akan menyebabkan parasit masuk ke tubuh penerima secara langsung. Kemungkinan tertular malaria dengan cara ini sangat kecil, karena darah biasanya disaring terlebih dahulu melalui tes.

Transplantasi organ

Transplantasi organ adalah salah satu penyebab malaria. Dalam kasus ini, penyakit langsung menular ke orang yang menerima organ. Ada banyak tes skrining yang tersedia di rumah sakit untuk mencegah jenis transmisi ini.

Berbagi jarum suntik

Hal ini bisa terjadi jika di rumah sakit atau laboratorium menggunakan jarum suntik berulang. Tapi, akan lebih sering terjadi pada pengguna narkoba suntik. Parasit di dalam darah yang tertinggal di jarum bisa menularkan penyakit.

Penyebab dan Gejala Malaria yang Perlu Diwaspadai

Penyebab dan Gejala Malaria yang Perlu Diwaspadai

Gejala malaria

Menggigil

Menggigil adalah salah satu gejala penting yang harus diwaspadai malaria. Karena ini adalah gejala yang paling sering terjadi dan sulit untuk membedakannya.

Kebingungan

Pada tahap awal penyakit, gejala malaria tidak ada dalam 2 minggu pertama. Kebingungan terutama terlihat pada stadium lanjut penyakit ini.

Konvulsi

Gejala minor seperti sakit kepala dan muntah bisa berubah menjadi kejang. Gejala ini biasanya sering terjadi pada anak-anak yang terkena malaria.

Penyakit kuning

Karena malaria menyebabkan kerusakan pada sel darah, maka dapat mengakibatkan peningkatan bilirubin dalam darah. Hal ini ini terlihat pada kulit yang menjadi menguning.

Tanda-tanda anemia

Kehilangan darah akan menyebabkan banyak masalah yang terkait. Hal ini akan menyebabkan tanda-tanda anemia, misalnya kulit pucat. Sesak napas dan gangguan pernapasan adalah gejala lain dari malaria.

berita terkait: Wajib coba! 8 Cara ampuh redakan batuk tanpa minum obat

sumber: okezone.com

Don't miss the stories followPortal Berita & Gosip Terbaru and let's be smart!
Loading...
0/5 - 0
You need login to vote.
Filed in
Wajib coba! 8 Cara ampuh redakan batuk tanpa minum obat

Wajib coba! 8 Cara ampuh redakan batuk tanpa minum obat

Tenangkan Diri Saat Cemas dengan 5 Makanan Ini

Tenangkan Diri Saat Cemas dengan 5 Makanan Ini

Related posts
Your comment?
Leave a Reply