Penyebab Bercak Putih di Mulut dan Tenggorokan

1180 Viewed admin4 0 respond
penyebab-bercak-putih-di-mulut-dan-tenggorokan
penyebab-bercak-putih-di-mulut-dan-tenggorokan

Infokuberita.com – APAKAH Anda pernah melihat bercak putih di mulut dan tenggorokan? Penyebabnya mungkin banyak. Selain, menunjukkan infeksi atau peradangan, bercak putih kemungkinan bisa karena trauma, tumor, atau penyakit lain yang dihasilkan dari patogen, seperti bakteri, virus dan jamur.

Seperti dilansir dari Health24, Minggu (29/11/2015) menurut Dr Sindisiwe van Zyl yang mengkhususkan diri dalam HIV dan kesehatan primer, penyebab paling umum dari bintik-bintik putih di mulut adalah sariawan atau yang juga dikenal sebagai kandidiasis.

Single content advertisement top

Namun demikian, berikut adalah di antara kemungkinan penyebab bercak putih pada area sekitar mulut yang mungkin terjadi.

Penyebab Bercak Putih di Mulut dan Tenggorokan

Penyebab Bercak Putih di Mulut dan Tenggorokan

Kandidiasis

Kandidiasis adalah infeksi yang disebabkan oleh jamur ragi dalam mulut. Masalah ini bisa terjadi pada orang dengan sistem kekebalan tubuh yang lemah serta bayi dan orang tua. Hal serupa juga terjadi pada sampai 90 persen pengidap HIV-AIDS menderita infeksi Candida.

Kondisi ini dapat disebabkan juga penggunaan obat seperti antibiotik, kortikosteroid, dan beberapa pil KB, masalah kelebihan berat badan. Orang yang telah memiliki kondisi diabetes dan psoriasis juga bisa menderita ini. Bila kondisi Anda kesehatan Anda tidak terlalu buruk, masalah ini bisa diobati cukup dengan obat antijamur.

Tonsilitis

Tonsilitis adalah hasil infeksi virus atau bakteri di amandel, yang menyebabkan mereka menjadi memerah dan bengkak dengan bintik-bintik putih atau kuning. Jika itu karena infeksi virus, istirahat cukup, hidrasi, dan redakan demam bisa Anda lakukan.

Sebagian besar infeksi amandel juga disebabkan oleh bakteri Streptococcus, bakteri yang sama sebabkan radang tenggorokan. Jika itu adalah infeksi bakteri, pengobatan dengan antibiotik akan membantu, namun pastikan dengan resep dokter.

Penyebab Bercak Putih di Mulut dan Tenggorokan

Penyebab Bercak Putih di Mulut dan Tenggorokan

Radang tenggorokan

Gejala radang tenggorokan yang mirip dengan sakit tenggorokan bisa terkait dengan pilek, yang mungkin juga diikuti dengan kehilangan nafsu makan, nyeri saat menelan, radang tonsil dengan bintik-bintik putih dan demam. Hal ini disebabkan oleh infeksi pada tenggorokan dan amandel disebabkan oleh bakteri jenis A Streptococcus.

Karena begitu mirip dengan tonsilitis, dokter sering akan melakukan tes untuk radang tenggorokan untuk memeriksa bakteri streptokokus grup A ini. Antibiotik adalah bentuk pengobatan yang paling umum digunakan untuk mengatasi kondisi tersebut.

Herpes

Herpes oral adalah infeksi yang dapat disebabkan oleh salah satu virus herpes simpleks tipe 1 atau tipe 2. Ini muncul dengan bercak lepuhan di bibir atau mulut dan bintik-bintik putih di tenggorokan. Setelah Anda diserang virus itu, kondisi seperti ini akan sering berulang hingga empat kali setahun.

Hal ini sangat menular dan dapat menyebar melalui oral seks. Perawatan termasuk obat resep dan krim topikal untuk mengurangi gejala biasa diberikan, namun kondisi itu sendiri belum memiliki obat yang diketahui dapat meyembuhkan.

HIV

Masalah gigi sangat umum pada orang dengan HIV dan mempengaruhi lebih dari sepertiga penderita HIV sejalan dengan sistem kekebalan tubuh mereka yang melemah. Dr Van Zyl mengatakan bahwa orang dengan HIV lanjut sebagian besar rentan terhadap sariawan yang merupakan mekanisme pertahanan alami tubuh yang rusak.

Jadi, apapun penyebab bintik-bintik putih di mulut Anda, Dr van Zyl sangat menyarankan Anda mendapatkan pemeriksaan oleh seorang profesional perawatan kesehatan yang bisa mendiagnosis masalah di mulut Anda.

 

SumberOkezone

Berita TerkaitJus Jeruk Segar, Minuman Kaya Nutrisi dengan 5 Manfaat

Kesehatan , Bercak Putih di Mulut , Tenggorokan , Radang tenggorokan , Bakteri & Virus

Don't miss the stories followPortal Berita & Gosip Terbaru and let's be smart!
Loading...
0/5 - 0
You need login to vote.
Filed in
jus-jeruk-segar-minuman-kaya-nutrisi-dengan-5-manfaat

Jus Jeruk Segar, Minuman Kaya Nutrisi dengan 5 Manfaat

alasan-bayi-sebaiknya-tidak-diberi-air-putih

Alasan Bayi Sebaiknya Tidak Diberi Air Putih

Related posts
Your comment?
Leave a Reply