PCTA memantapkan rasa cinta tanah air generasi muda

181 Viewed admin1 0 respond
PCTA memantapkan rasa cinta tanah air generasi muda
PCTA memantapkan rasa cinta tanah air generasi muda

infokuberita.com – Sejak tahun 2012 Kementerian Pertahanan menggelar acara berupa Lomba Parade Cinta Tanah Air(PCTA). Menurut Menteri Pertahanan (Menhan) Ryamizard Ryacudu, kegiatan Lomba PCTA merupakan bagian tidak terpisahkan dari upaya bela negara. Tema untuk PCTA Tingkat Pusat Tahun 2016 yang berlangsung di Jakarta adalah ‘Memantapkan Sikap Bela Negara Generasi Muda Dalam Menghadapi Kemajuan Informasi dan Teknologi’.

PCTA setiap tahun diikuti oleh perwakilan mahasiswa, dan pelajar SLTA dari seluruh Indonesia. Adapun materi yang dilombakan antara lain keterampilan dan diskusi. Selain kegiatan lomba, para peserta juga berkesempatan mengikuti kegiatan ceramah pengetahuan bela negara dan melakukan kunjungan wisata bela negara ke satuan TNI, Monumen Nasional (Monas), serta Istana Negara Bogor. Peserta PCTA juga diajak bertatap muka dengan Menteri Pertahanan (Menhan) Ryamizard Ryacudu di kantor Kemhan Jakarta.

Single content advertisement top
PCTA memantapkan rasa cinta tanah air generasi muda

PCTA memantapkan rasa cinta tanah air generasi muda

Ryamizard menegaskan, kegiatan semacam PCTA ini sangatlah penting untuk menanamkan rasa cinta tanah air dan memupuk semangat bela negara. Bela negara, ujar Ryamizard, bukan hanya dilakukan melalui kegiatan- kegiatan latihan fisik dengan senjata.

Ryamizard menambahkan, Kementerian Pertahanan memiliki empat kebijakan pokok dalam memupuk kesadaran bela negara ini. Pertama, strategi pertahanan semesta. Kedua, penyiapan penangkalan ancaman radikalisme dan terorisme. Ketiga, Penanganan fenomena anak jalanan. Keempat, bela negara untuk menciptakan generasi yang lebih baik. Kita berharap, kegiatan lomba PCTA ini akan semakin menanamkan karakter kebangsaan, cinta tanah air serta semangat patriotisme untuk generasi muda Indonesia, jelasnya.

Dalam gelaran PCTA Tingkat Pusat tahun ini, Universitas Bengkulu tampil sebagai juara pertama, disusul oleh Universitas Mataram, dan Universitas Muslim Indonesia ( Makassar) yang menyabet gelar juara kedua dan ketiga. Para juara ini masing- masing mendapat penghargaan berupa plakat dan sertifikat serta beasiswa.

Untuk tingkat SLTA, juara pertama diraih SMA 8 Pekanbaru (Riau), juara kedua SMA 5 Palangkaraya (Kalimantan Tengah) dan juara ketiga SMKN 1 Magetan (Jawa Timur). Para juara ini meraih plakat, sertifikat dan beasiswa. Selain itu, dalam lomba PCTA ini terpilih sebagai juara untuk kategori tim paling favorit, tim dari Yogyakarta. Kalimantan Timur (Kaltim) sebagai tim paling kreatif, dan Papua sebagai tim paling semangat.

berita terkait: Soal Full Day School, ini Kata Anies Baswedan

sumber: merdeka.com

PCTA, Ryamizard, Jakarta, Kementerian Pertahanan, Pelajar, Perwakilan Mahasiswa, Indonesia

Don't miss the stories followPortal Berita & Gosip Terbaru and let's be smart!
Loading...
0/5 - 0
You need login to vote.
Filed in
Soal Full Day School, ini Kata Anies Baswedan

Soal Full Day School, ini Kata Anies Baswedan

Klub Selam Mahasiswa Kelautan ULM Resmi Terbentuk

Klub Selam Mahasiswa Kelautan ULM Resmi Terbentuk

Related posts
Your comment?
Leave a Reply