Minum Air Es Justru Membakar Lemak

272 Viewed admin4 0 respond
Minum Air Es Justru Membakar Lemak
Minum Air Es Justru Membakar Lemak

Infokuberita.com – BANYAK orang yang beranggapan bahwa minum air dingin membuat perut mereka buncit atau memicu kegemukkan. Sementara, studi membuktikan minum air es bisa membantu membakar lemak.

“Faktanya, konsumsi air es dapat membantu membakar lemak. Namun sampai saat ini masih cukup banyak masyarakat yang beranggapan minum es dapat menyebabkan kegemukan. Selain itu ada juga yang mengatakan minum air bersuhu rendah memicu perut buncit,” ujar Jansen Ongko, ahli gizi dari LaGizi.

Minum Air Es Justru Membakar Lemak

Minum Air Es Justru Membakar Lemak

Kepada Okezone, dari segi ilmu gizi, air putih tidak mengandung kalori sama sekali sehingga apabila dikonsumsi dalam jumlah banyak tidak menyebabkan kegemukan. Perlu dipahami, kegemukan terjadi disebabkan oleh kalori yang dimakan melebihi kalori yang digunakan.

Single content advertisement top

“Ketika mengonsumsi air putih dingin (lebih rendah dari suhu ruang), tubuh akan mengubah suhu air agar sama dengan suhu tubuh. Contoh, saat meminum air putih dengan suhu 18 °c, setelah air masuk ke dalam tubuh, air yang diminum tadi akan mengalami proses pemanasan. Tubuh membutuhkan 1 kalori untuk menaikkan suhu 1°c,  sehingga dibutuhkan 18-19 kalori untuk mencapai suhu tubuh (36-37°c),” jelasnya.

Minum Air Es Justru Membakar Lemak

Minum Air Es Justru Membakar Lemak

Dengan demikian suhu air yang masuk dan diserap oleh tubuh tidak lagi rendah (dingin), namun sesuai dengan suhu tubuh. Ini artinya air dingin tidak membekukan lemak tubuh seperti yang diklaim di masyarakat, melainkan membantu membakar lemak karena membutuhkan kalori yang lebih banyak agar suhu air sama dengan suhu tubuh.

“Tapi jangan terlalu berharap besar pada pembakaran kalori yang disebabkan oleh minum air yang bersuhu rendah atau dingin. Ini karena besar pembakarannya tidaklah signifikan. Selama kebutuhan cairan harian terpenuhi, maka sudah lebih dari cukup,” tandasnya.

 

Sumber : Okezone

Berita TerkaitHipertensi? Hindari Makanan Ini

Kesehatan , Air Es , Membakar Lemak , Manfaat Air Es

 

Don't miss the stories followPortal Berita & Gosip Terbaru and let's be smart!
Loading...
0/5 - 0
You need login to vote.
Filed in
Hipertensi? Hindari Makanan Ini

Hipertensi? Hindari Makanan Ini

Jika Tak Hati-hati, Pesta "Barbeque" Bisa Sebabkan Keracunan

Jika Tak Hati-hati, Pesta “Barbeque” Bisa Sebabkan Keracunan

Related posts
Your comment?
Leave a Reply