Kerja di Depan Monitor Bikin Stres, Ini 5 Tips Penyelamatmu

470 Viewed infok 0 respond
Kerja di Depan Monitor Bikin Stres, Ini 5 Tips Penyelamatmu
Kerja di Depan Monitor Bikin Stres, Ini 5 Tips Penyelamatmu

Kerja di Depan Monitor Bikin Stres, Ini 5 Tips Penyelamatmu – Berjam-jam menghabiskan waktu bekerja di depan monitor laptop atau komputer bisa bikin tubuh pegal-pegal. Selain itu, karena kurang gerak, tubuh bisa terasa kaku dan nyeri otot. Belum lagi dengan risiko gangguan kesehatan lainnya seperti sakit mata dan sakit kepala.

Single content advertisement top

Nah, supaya kerja di depan monitor tidak bikin capek atau mengganggu kesehatan, ini 5 tips yang bisa kamu lakukan :

Istirahatkan Mata 5 Menit Setiap Jam

Bekerja berjam-jam di depan komputer bikin mata lelah. Selain itu, mata bisa terasa kering dan sakit kalau digunakan untuk menatap monitor laptop/komputer berjam-jam tanpa jeda. Usahakan untuk mengistirahatkan mata 5 menit setiap jamnya. Misal, pejamkan mata selama 5 menit setiap satu jam sekali. Cara ini bisa mencegah otot mata kaku.

Berdiri dan Lakukan Peregangan Tubuh

Setengah atau satu jam sekali, berdirilah lalu lakukan gerakan peregangan tubuh. Gerakkan tangan dan kaki serta lemaskan otot-otot tubuhmu. Ini semua demi kesehatan tubuhmu dan memperlancar aliran darah dalam tubuh.

Minum Air Putih

Duduk berjam-jam di depan komputer tanpa banyak gerak bukan berarti tubuhmu tak membutuhkan air. Air sangat penting untuk menjaga kesehatan hati dan memastikan tubuh bisa mengeluarkan racun-racun berbahaya. Minimal konsumsi 8-10 gelas air per hari sesibuk apapun bekerja di depan monitor.

Kerja di Depan Monitor Bikin Stres, Ini 5 Tips Penyelamatmu

Kerja di Depan Monitor Bikin Stres, Ini 5 Tips Penyelamatmu

Konsumsi Camilan Sehat

Oke, ini sebenarnya yang paling susah untuk dihindari. Duduk manis bekerja di depan komputer, biasanya mulut terasa “gatal” ingin makan sesuatu. Akhirnya bekerja pun sambil ngemil, dan kalau tidak dikendalikan bisa-bisa berat badan naik. Untuk menyiasatinya, konsumsi camilan sehat seperti buah dan sayur segar. Hindari terlalu banyak makan makanan berminyak atau mengandung gula. Selain itu, usahakan kalau makan di meja makan jangan di meja kerja agar nafsu makanmu tetap terjaga.

Istirahatkan Tubuh Total Usai Bekerja

Setelah selesai bekerja dan kembali ke rumah, ambil waktu minimal 15 menit untuk berbaring dan menutup mata. Istirahatkan tubuh secara total dan tenangkan pikiran. Bekerja di depan komputer berjam-jam bisa membuat tubuh gampang lelah. Jadi usahakan untuk meluangkan waktu berisitirahat total dan menjauhi komputer selama beberapa menit setiap harinya, ya.

Sekarang, yang perlu kamu lakukan adalah mempraktekan tips-tips di atas. Jadikan bagian dari rutinitas dan kebiasaan harianmu. Kerja keras sah-sah saja. Tapi jangan sampai mengabaikan kesehatan tubuh dan pikiranmu.

sumber : vemale

Berita terkait : Cara Menampilkan Kalender Hari Libur di Android Kamu

tips & trik, kesehatan, gangguan kesehatan, bekerja di depan komputer, rutinitas kerja, gangguan kesehatan

Don't miss the stories followPortal Berita & Gosip Terbaru and let's be smart!
Loading...
0/5 - 0
You need login to vote.
2-herbal-sahabat-diabetesi

2 Herbal Sahabat Diabetesi

mengulik-manfaat-kulit-buah-untuk-kesehatan

Mengulik Manfaat Kulit Buah untuk Kesehatan

Related posts
Your comment?
Leave a Reply