Kenali Bahaya Asam Urat Tinggi!

312 Viewed admin4 0 respond
kenali-bahaya-asam-urat-tinggi
kenali-bahaya-asam-urat-tinggi

Infokuberita.com – ASAM urat adalah produk akhir dari metabolisme purin normal dalam tubuh. Purin merupakan komponen organik yang ditemukan secara alami pada sel tubuh dan di dalam makanan. Sekira dua per tiga dari asam urat yang terbentuk setiap harinya dikeluarkan melalui ginjal (sekira 70 persen) maupun saluran pencernaan.

Menurut dr. Citra Roseno, peningkatan kadar asam urat di dalam darah dapat diakibatkan oleh beberapa faktor, seperti asupan makanan dan minuman yang tinggi akan purin (kerang, jeroan, daging merah, gula, alkohol), peningkatan produksi asam urat dalam tubuh, berkurangnya eliminasi asam urat oleh ginjal, serta faktor genetik.

Masalah medis yang dikaitkan dengan kadar asam urat yang tinggi adalah gout.

Gout merupakan kumpulan gangguan metabolik yang disebabkan oleh pengkristalan natrium urat di dalam atau di sekitar sendi. Hal ini umumnya terjadi setelah periode meningkatnya kadar asam urat di dalam darah selama beberapa waktu.

Single content advertisement top
Kenali Bahaya Asam Urat Tinggi!

Kenali Bahaya Asam Urat Tinggi!

Pada keadaan normal, kadar asam urat di dalam darah berkisar antara 3,4 sampai tujuh miligram per desiliter (mg/dl) untuk pria, dan 2,4 sampai enam mg/dl untuk wanita. Gejala yang ditimbulkan dari kadar asam urat yang tinggi dapat bervariasi pada setiap individu.

Umumnya, gejala diakibatkan oleh deposit kristal di jaringan ikat dan sekitar persendian, sehingga menyebabkan radang dan bengkak pada persendian, terutama anggota gerak bawah.

Terdapat beberapa individu yang memiliki kadar asam urat tinggi namun tidak mengalami gejala (asymptomatic hyperuricemia), karena akumulasi kristal pada jaringan tersebut membutuhkan waktu lama sehingga gejala belum timbul.

Kenali Bahaya Asam Urat Tinggi!

Kenali Bahaya Asam Urat Tinggi!

Namun, pada kasus berat, deposit kristal dapat membentuk tophus (benjolan yang terdapat pada permukaan jari, tangan, lengan, tendon achilles, atau telinga). Bila tidak ditangani, benjolan ini tentunya amat mengganggu dan dapat menyebabkan terjadinya kecacatan.

Prinsip pengendalian kadar asam urat adalah untuk memodifikasi dan mengeliminasi faktor yang memicu abnormalnya kadar asam urat dalam darah, serta terapi untuk menurunkan kadar asam urat yang sudah telanjur tinggi.

Faktor utama yang perlu diperbaiki adalah gaya hidup yang meliputi usaha memperoleh berat badan ideal, mengurangi konsumsi alkohol, dan pengaturan diet rendah purin.

 

SumberOkezone

Berita TerkaitCara Terbaik Membuat Gigi Lebih Putih

Kesehatan , Gejala Asam Urat , Bahaya Asam Urat

Don't miss the stories followPortal Berita & Gosip Terbaru and let's be smart!
Loading...
0/5 - 0
You need login to vote.
Filed in
cara-terbaik-membuat-gigi-lebih-putih

Cara Terbaik Membuat Gigi Lebih Putih

kenyang-dan-lebih-sehat-dengan-beras-merah

Kenyang dan Lebih Sehat dengan Beras Merah

Related posts
Your comment?
Leave a Reply