Jumlah Pasien Katarak Indonesia Tertinggi ke-2 di Dunia

413 Viewed admin3 0 respond
Jumlah Pasien Katarak Indonesia Tertinggi ke-2 di Dunia
Jumlah Pasien Katarak Indonesia Tertinggi ke-2 di Dunia

infokuberita.com – Katarak menjadi salah satu penyebab tingginya angka kebutaan di Indonesia. Pusat Data dan Informasi Kementerian Kesehatan RI menyebut tingkat prevalensi katarak yakni 0,1% per tahun. Dengan kata lain, setiap tahun ada satu pasien katarak baru di antara 1.000 orang.

Jumlah Pasien Katarak Indonesia Tertinggi ke-2 di Dunia

Jumlah Pasien Katarak Indonesia Tertinggi ke-2 di Dunia

Dalam rangka memperingati Hari Penglihatan Sedunia (World Sight Day) yang jatuh tiap tanggal 8 Oktober, ketua Komite Mata Nasional Andy F Noya menyinggung bahwa katarak masih menjadi salah satu masalah penglihatan terbesar di Indonesia.

“Angka penderita katarak di Indonesia sangat tinggi, bahkan kita peringkat kedua tertinggi di dunia,” ungkap Andy di sela-sela peringatan World Sight Day di Jakarta Eye Center, Kedoya, Jakarta Barat, Sabtu (10/10/2015).

Single content advertisement top

Seperti diketahui, katarak adalah penyakit kekeruhan pada lensa mata yang biasa menyerang orang-orang berusia di atas 55 tahun. Angka penderita katarak yang tinggi menyebabkan hingga kini belum ada data pasti terkait jumlah penderita katarak di Indonesia.

“Tingginya tingkat penyakit katarak tidak dapat disepelekan, karena sangat mengganggu tingkat produktivitas masyarakat. Padahal, tingkat harapan hidup masyarakat Indonesia semakin tinggi, bahkan ada yang bekerja meski usianya sudah di atas 55 tahun,” lanjut Andy.

Di Indonesia, selain faktor usia, paparan sinar UV yang cukup intens juga menyebabkan tingginya jumlah pasien katarak. Hadir dalam kesempatan sama, dr Setiyo Budi Riyanto, SpM dari JEC menyebutkan bahwa penderita katarak di bawah usia 55 tahun kebanyak berasal dari kawasan pantai.

Meski demikian, bukan berarti katarak tak bisa diatasi. Kini, sudah banyak dilakukan operasi mata gratis, baik oleh RS, yayasan, atau non-governmental organization (NGO). Direktur Medik JEC dr Darwan M Purba SpM mengatakan sekarang juga sudah banyak dokter yang melakukan operasi katarak gratis di daerah asalnya.

“Saya setiap setahun sekali bahkan ke kampung saya,” ujar dr Purba.

sumber: detik

artikel terkait: Ketahui Kesehatan Tubuh Lewat Mata

berita kesehatan, kesehatan

Don't miss the stories followPortal Berita & Gosip Terbaru and let's be smart!
Loading...
0/5 - 0
You need login to vote.
Filed in
ketahui-kesehatan-tubuh-lewat-mata

Ketahui Kesehatan Tubuh Lewat Mata

Memanfaatkan Air sebagai "Obat"

Memanfaatkan Air sebagai “Obat”

Related posts
Your comment?
Leave a Reply