Jangan Takut Gemuk, Makanan Berlemak Ini Justru Baik Untukmu

39 Viewed admin1 0 respond
Jangan Takut Gemuk, Makanan Berlemak Ini Justru Baik Untukmu
Jangan Takut Gemuk, Makanan Berlemak Ini Justru Baik Untukmu

infokuberita.com – Saat mendengar kata lemak, seringkali kita langsung merasa tidak nyaman. Umumnya kita berpikir lemak merupakan momok dan penyebab utama kegemukan. Banyak wanita yang takut mengonsumsi makanan yang mengandung lemak karena takut gemuk.

Tapi pada dasarnya tubuh selalu membutuhkan lemak agar organ-organ tubuh bisa berfungsi dengan baik. Dilansir dari lifehack.org, lemak sehat merupakan lemak tak jenuh tunggal (monounsaturated) dan lemak tak jenuh ganda (polyunsaturated) yang baik untuk kesehatan jantung dan bisa menurunkan kadar kolesterol. Lemak sehat ini membantu menurunkan gula darah dan insulin sehingga mencegah risiko terkena diabetes tipe 2.

Single content advertisement top

Nah, sekarang pertanyaannya jenis makanan berlemak apa saja (yang mengandung lemak sehat) yang baik dikonsumsi oleh tubuh? Beberapa di antaranya akan kita bahas di sini.

 

Jangan Takut Gemuk, Makanan Berlemak Ini Justru Baik Untukmu

Jangan Takut Gemuk, Makanan Berlemak Ini Justru Baik Untukmu

  • Buah Alpukat

    Satu buah alpukat ukuran sedang mengandung 23 gram lemak tak jenuh tunggal dan mengandung 40 persen serat yang dibutuhkan tubuh. Buah alpukat juga bebas kolesterol, mengandung natrium alami, dan sumber lutein yang baik (jenis antioksidan yang bagus untuk menjaga daya penglihatan). Hanya saja memang buah alpukat ini besar kandungan kalorinya sehingga dalam sekali makan sebaiknya cukup 1/4 bagian saja atau dimakan sedikit demi sedikit.

  • Tahu

    Tak hanya mengandung protein, tahu pun merupakan sumber lemak sehat. Tak hanya itu saja, tahu juga bisa mencukupi kebutuhan kalsium. Kandungannya yang rendah natrium juga baik untuk dikonsumsi secara rutin.

  • Telur

    Satu butir telur ayam utuh mengandung 3,5 gram lemak tak jenuh dan 1,5 gram lemak jenuh. Telur juga mengandung kolin yang berfungsi menjaga sistem kardiovaskuler tubuh, sistem saraf, dan otak. Kesehatan jantung bisa terjaga dengan baik bila mengonsumsi telur secara rutin.

  • Keju Parmesan

    Keju parmesan memang mengandung lebih banyak lemak jenuh daripada sumber makanan nabati. Meski begitu, keju mengandung nutrisi penting seperti kalsium yang baik untuk tulang dan tubuh. Selain itu, keju juga mengandung lebih banyak protein daripada daging dan telur.

  • Kedelai

    Konsumsi segenggam kedelai setiap harinya bisa jadi awal yang baik untuk menjaga pola makan sehat. Kedelai ini mengandung lemak tak jenuh tunggal (monounsaturated) dan lemak tak jenuh ganda (polyunsaturated) sekaligus mengandung protein dan serat yang baik untuk tubuh.

Sebenarnya masih ada jenis makanan lain yang mengandung lemak sehat yang baik untuk tubuh, seperti kacang kenari dan chia seeds. Seimbangkan kandungan nutrisi dan gizi dari setiap jenis makanan yang kamu nikmati setiap hari.

Dengan mencukupi kebutuhan lemak sehat, tubuh pastinya akan berfungsi lebih baik. Kesehatan pun jadi lebih terjaga. Semoga infonya bermanfaat, Ladies!

berita terkait: 5 Alasan Kesehatan Buah Apel Baik Dimakan Setiap Hari

sumber: vemale.com

Don't miss the stories followPortal Berita & Gosip Terbaru and let's be smart!
Loading...
0/5 - 0
You need login to vote.
Filed in
5 Alasan Kesehatan Buah Apel Baik Dimakan Setiap Hari

5 Alasan Kesehatan Buah Apel Baik Dimakan Setiap Hari

Kenali 5 Gejala Infeksi Saluran Kemih pada Pria

Kenali 5 Gejala Infeksi Saluran Kemih pada Pria

Related posts
Your comment?
Leave a Reply