Ini Tips Sukses Merantau ke Jakarta

474 Viewed admin2 0 respond
Ini tips sukses merantau ke Jakarta
Ini tips sukses merantau ke Jakarta

infokuberita – Salah satu fenomena dalam mudik lebaran adalah ikut sertanya keluarga para pemudik saat mereka kembali ke Jakarta. Hal ini biasa terjadi mengingat masih besarnya antusias masyarakat di daerah terhadap ibu kota.

Wakil Rektor Universitas Ibnu Chaldun Jakarta yang juga seorang Sosiolog, Musni Umar mengatakan, hal ini merupakan sesuatu yang telah membudaya, dan sulit dilepaskan dari persepsi masyarakat.

“Ini satu fenomena yang terus terulang tiap tahun, pada setiap momentum sehabis mudik lebaran. Saat itu banyak orang desa yang mudik ke kota, terutama Jakarta. Karena Jakarta sendiri adalah ibu kota negara, jadi tidak mungkin kita melarangnya,” ujar Musni saat dihubungi merdeka.com, Selasa (14/7).

Selain itu, sebagai seorang Sosiolog yang paham dilematika kehidupan di ibu kota seperti Jakarta, Musni juga memberikan sejumlah tips bagi mereka yang ingin sukses saat merantau ke Jakarta, dalam upaya-upayanya untuk memperbaiki penghidupannya.

Ini tips sukses merantau ke Jakarta

Ini tips sukses merantau ke Jakarta

Berikut adalah tips agar para perantau sukses merantau ke Jakarta:

1. Harus memiliki keahlian

Single content advertisement top

Keahlian yang dimaksud di sini, misalnya seperti berbisnis, bekerja, atau apapun itu yang dibutuhkan oleh kota besar. Sehingga hal itu bisa menjadi pegangan untuk mencari nafkah, membiayai keluarga di daerah, dan lain sebagainya.

2. Harus ada yang mengajak, sebagai orang yang menjamin sementara. Sebaiknya adalah keluarga terdekat. Jadi begitu datang, setidaknya bisa menumpang dahulu di keluarga yang mengajaknya tersebut sampai yang bersangkutan itu bisa mandiri. Tapi jangan terlalu lama, dan harus memulai juga potensi untuk segera bisa mandiri. Jangan malah menyusahkan keluarga atau teman, yang sebenarnya telah berniat baik untuk menolong.

Ini Tips Sukses Merantau ke Jakarta

3. Jika mereka memang punya keahlian, sebaiknya langsung cari kerja saja. Biasanya yang muda bisa menjadi baby sitter, asisten rumah tangga, dan lain sebagainya.

4. Mereka yang mau merantau harus memiliki mental baja dan semangat tinggi untuk bertarung hidup di kota besar. Tidak cukup hanya dari orang yang menjamin hidup dan keahlian saja, tapi juga harus punya semangat tinggi untuk merubah nasib.

5. Para perantau mesti memiliki kepercayaan diri. Tanamkan keyakinan bahwa ‘kalau orang lain bisa berhasil, masa saya tidak bisa’. Karena untuk merubah nasib, tidak hanya cukup pintar dan memiliki keahlian saja, tapi juga kepercayaan diri yang tinggi sehingga bisa berhasil.

“Kalau 5 hal itu tidak ada di dalam diri seorang perantau, ya lebih baik tetap di desa saja daripada menyusahkan diri sendiri, dan orang yang menampungnya di kota. Apalagi jika nekat, tak menutup kemungkinan bisa menjadi gelandangan, atau bahkan terjun ke dalam tindakan kejahatan,” pungkasnya.

Ini tips sukses merantau ke Jakarta

Ini tips sukses merantau ke Jakarta

 

Sumber : merdeka

Artikel Terkait : Simak Tips Menyimpan Bahan Dapur Agar Tidak Mudah Busuk

Don't miss the stories followPortal Berita & Gosip Terbaru and let's be smart!
Loading...
0/5 - 0
You need login to vote.
Filed in
Simak Tips Menyimpan Bahan Dapur Agar Tidak Mudah Busuk

Simak Tips Menyimpan Bahan Dapur Agar Tidak Mudah Busuk

Tips Agar Parfum Lebih Tahan Lama

Tips Agar Parfum Lebih Tahan Lama

Related posts
Your comment?
Leave a Reply