Ini Bahayanya Tersedak Makanan

216 Viewed admin4 0 respond
Ini Bahayanya Tersedak Makanan
Ini Bahayanya Tersedak Makanan

Infokuberita.com –¬†TERSEDAK makanan sering kali dialami oleh sebagian besar orang. Lantas, apakah ada bahayanya jika tersedak makan dan makanan yang menjadi penyebab tersedak tidak dapat dimuntahkan keluar? Apa hubungannya dengan kesehatan paru-paru?

Berikut ini penjelasan dr. Dewi Ema Anindia, anggota redaksi medis kedokteran umum dari KlikDokter.com. Apabila makanan yang membuat Anda tersedak berat hingga menggangu pernapasan, maka tindakan yang perlu dilakukan adalah jaw thrust, abdominal thrust, hingga CPR.

Single content advertisement top
Ini Bahayanya Tersedak Makanan

Ini Bahayanya Tersedak Makanan

Keluhan mengganjal saat menelan dapat disebabkan oleh berbagai macam penyakit. Mulai dari infeksi hingga sumbatan pada kerongkongan. Apakah rasa mengganjal dirasakan lebih berat saat menelan makanan padat? Ataukah rasa mengganjal sama-sama dirasakan saat minum? Bila keluhan dirasakan terutama saat menelan makanan padat, dikhawatirkan terdapat sumbatan mekanik pada kerongkongan.

Bila terjadi saat makan maupun minum, dapat saja disebabkan oleh gangguan motilitas kerongkongan (esofagus) seperti spasme esofagus. Bila disertai dengan nyeri menelan, dapat saja karena infeksi kronis daerah kerongkongan. Penyebab lain dapat saja karena gangguan syaraf, gangguan otot menelan, gangguan metabolik, dan infeksi.

Ini Bahayanya Tersedak Makanan

Ini Bahayanya Tersedak Makanan

Tersedak adalah tersumbatnya trachea (batang tenggrok) oleh benda asing, muntah, atau cairan lain. Gejala dari tersedak sendiri adalah:

-Tidak dapat berbicara atau menjerit

-Wajah membiru akibat kekurangan oksigen

-Penderita seperti tercekik

-Batuk dan pernapasan yang dipaksakan menimbulkan suara hempasan yang tinggi.

Jadi di dalam tubuh kita terdapat tenggorokan. Tenggorokan kita mempunyai dua saluran, yaitu kerongkongan dan trachea. Kerongkongan (jalan makan) berfungsi memasukkan makanan dalam perut. Pada awal trachea ada pita suara. Saat kita makan atau minum, pita suara ini tertutup yang mencegah makanan masuk ke saluran pernapasan. Tersedak adalah suatu proses dimana makanan salah masuk jalur, masuk ke trachea (jalan napas).

Ini Bahayanya Tersedak Makanan

Ini Bahayanya Tersedak Makanan

Dapat disebabkan oleh keadaan tidak sadar atau banyak alihan saat makan, seperti tertawa, ngobrol, dll. Saat makanan/minuman masuk ke paru-paru dapat menyebabkan aspirasi dan merupakan hal yang bahaya. Namun apabila kita tersedak pasti kita akan ada reflex batuk, di mana batuk ini akan mengeluarkan makanan dari jalur yang salah ke jalur yang benar. Saat Anda tersedak usahakan minum air putih secara sedikit-sedikit.

Apakah makanan bisa masuk ke dalam paru-paru, jawabannya adalah bisa iya dan tidak. Jika memang masuk itulah yang kita namakan terjadi proses tersedak. Jika makanan memang sudah masuk ke dalam paru-paru, tentunya pada saat itu juga Anda akan susah untuk bernapas dan mengalami gejala-gejala lain yang telah disebutkan di atas.

Disarankan juga Anda memeriksakan ke dokter spesialis THT untuk memastikan penyebabnya. Apabila memang Anda ada sesak napas, mungkin harus dilakukan pemeriksaan foto rontgen paru-paru.

 

 

Sumber : Okezone

Berita Terkait : 3 Makanan Fermentasi untuk Diet

Kesehatan , Kesedak Makanan , Bahaya Kesedak Makanan

Don't miss the stories followPortal Berita & Gosip Terbaru and let's be smart!
Loading...
0/5 - 0
You need login to vote.
Filed in
3 Makanan Fermentasi untuk Diet

3 Makanan Fermentasi untuk Diet

Kolesterol Meningkat? Lakukan 7 Cara Ini

Kolesterol Meningkat? Lakukan 7 Cara Ini

Related posts
Your comment?
Leave a Reply