Hindari 8 Hal Ini Demi Tidur Nyenyak

184 Viewed admin2 0 respond
Hindari 8 Hal Ini Demi Tidur Nyenyak
Hindari 8 Hal Ini Demi Tidur Nyenyak

infokuberitaTidur nyenyak sangat penting untuk menjaga mood, level energi dan kesehatan Anda secara keseluruhan. Kualitas tidur juga dipengaruhi oleh seberapa banyak aktivitas Anda, jumlah asupan makan dan minum serta stimulasi mental, terutama beberapa jam sebelum Anda pergi tidur.

Ketika seseorang menderita insomnia atau gangguan tidur lainnya, kemungkinan itu karena sesuatu yang mereka lakukan sebelum tidur, dan itu biasanya terjadi tanpa sengaja, jelas Michael Grandner, PhD, psikiater dan anggota Behavioral Sleep Medicine Program di University of Pennsylvania.

Berikut adalah beberapa hal yang sebaiknya tidak Anda lakukan di waktu malam, agar Anda tak merasa kesulitan memejamkan mata.

Menatap layar ponsel

Single content advertisement top

Beberapa studi menemukan bahwa menatap layar alat-alat elektronik seperti ponsel dan TV di waktu malam dapat membuat Anda sulit tidur.

Robert Rosenberg, DO, penulis buku Sleep Soundly Every Night, Feel Fantastic Every Day, menganjurkan Anda menghindari cahaya biru dan layar alat elektronik karena hal itu bisa mengganggu produksi hormon melatonin yang menyebabkan Anda mengantuk.

Makan cokelat

Cokelat, terutama cokelat hitam, mengandung kafein sama halnya seperti kopi. “Banyak orang tak berpikir bahwa es krim yang mengandung cokelat atau kopi dapat menjadi penganggu tidur. Mereka yang sensitif terhadap kafein, harus memerhatikan hal ini”, kata Grandner.

Cokelat juga mengandung stimulan yang disebut theobromine, yang diketahui dapat menaikkan ritme jantung dan membuat otak lebih terjaga.

Hindari 8 Hal Ini Demi Tidur Nyenyak

Hindari 8 Hal Ini Demi Tidur Nyenyak

Hindari 8 Hal Ini Demi Tidur Nyenyak

Memeriksa e-mail

Selain cahaya UV dari perangkat elektronik, ada faktor lain yang berpotensi membuat kantuk Anda hilang.

“Kecuali Anda menunggu e-mail spesifik yang membantu Anda merasa mengantuk, saya tidak merekomendasikan Anda memeriksa email sebelum tidur, kata Grandner.

Memeriksa email sebelum waktu tidur bisa membuat saraf Anda tegang sehingga sulit mengantuk.

Minum teh

Meski Anda menghindari kopi dan cokelat hitam, Anda tetap harus waspada pada sumber kafein yang lain, yakni teh. Namun, teh berlabel herbal seperti peppermint atau chamomile mungkin bebas kafein. Tapi teh hitam, cokelat dan putih sudah jelas mengandung kafein.

Makanan terlalu berbumbu dan berlemak

Makan terlalu dekat dengan waktu tidur dapat membuat tidur tidak nyenyak, terutama jika perut Anda terasa kembung dan sakit.

Makanan yang pedas atau berlemak mungkin sangat berisiko menimbulkan ketidaknyamanan karena bersifat merangsang asam lambung. Sebaiknya Anda makan paling lambat dua jam sebelum.waktu tidur agar tubuh memiliki waktu cukup untuk mencerna makanan itu.

Dan makanlah makanan yang tidak terlalu merangsang asam lambung serta hindari porsi yang terlalu berlebihan.

Mandi dan merokok

“Mandi sering membuat kita terbangun dan merasa segar lagi. Karena itu, Anda tidak dianjurkan untuk mandi sesaat sebelum tidur, jelas Grandner.

Faktor penganggu tidur lainnya adalah nikotin. Nikotin pada rokok atau produk tembakau lainnya adalah stimulan dan dapat membuat insomnia Anda menjadi lebih buruk. Nikotin juga dapat menyebabkan Anda bangun lebih awal dari biasanya di pagi hari.

 

Sumber : kompas

Artikel Terkait : Hindari Kesalahan ini Saat Keramas

Don't miss the stories followPortal Berita & Gosip Terbaru and let's be smart!
Loading...
0/5 - 0
You need login to vote.
Filed in
Hindari Kesalahan ini Saat Keramas

Hindari Kesalahan ini Saat Keramas

Minum Satu Gelas Alkohol Sehari Berbahaya Bagi Paru-paru

Minum Satu Gelas Alkohol Sehari Berbahaya Bagi Paru-paru

Related posts
Your comment?
Leave a Reply