Catat, Ini Daftar Makanan Lezat yang Sehatkan Jantung

240 Viewed admin4 0 respond
catat-ini-daftar-makanan-lezat-yang-sehatkan-jantung
catat-ini-daftar-makanan-lezat-yang-sehatkan-jantung

Infokuberita.com -Di zaman ini, penyakit tak menular seperti jantung menduduki peringkat atas penyebab terjadinya kematian. Menurut studi di Emory University di Atlanta, Amerika Serikat paling tidak sekitar 50 persen kematian terjadi karena penyakit jantung. Padahal hal ini sesungguhnya bisa dicegah lewat perubahan gaya hidup, salah satunya lewat asupan makanan.

Ada camilan sehat yang secara signifikan mampu kurangi risiko penyakit jantung sekaligus diabetes serta menurunkan berat badan. Berikut lima makanan yang menyehatkan jantung seperti ditulis penulis Eat This, Not That! dikutip dari lamanTime, Senin (7/12/2015).

1. Cokelat hitam

Cokelat hitam terdiri dari 74 persen atau lebih kokoa. Berbagai studi telah temukan aneka manfaat baik konsumsi cokelat dengan cita rasa sedikit pahit untuk kesehatan kardiovaskular dibandingkan orang yang tidak mengonsumsinya.

Studi yang dipublikasikan dalam Jurnal Circulation Heart Failure menemukan bila wanita yang konsumsi cokelat hitam dua kali seminggu bisa menurunkan risiko penyakit jantung hingga 32 persen dibandingkan yang tidak konsumsi cokelat.

Lalu, ada lagi studi jangka panjang yang temukan orang yang konsumsi 1/3 cup cokelatchip per minggu turunkan risiko hingga 17 persen. Para peneliti ungkap kandungan polifenol dan flavanol mengandung senyawa peradangan yang membantu melindungi jantung.

2. Edamame

Anda pasti sudah pernah mendengar kacang yang satu ini. Edamame mengandung magnesium, folat, dan kalium. Ketiga nutrisi ini membantu menurunkan tekanan darah dan mendukung kesehatan jantung.

Selain itu, edamame mengandung serat yang membantu melindungi jantung dan meningkatkan kemampuan tubuh untuk memproduksi resesor low-density lipoprotein(LDL), yang bertindak seperti penjaga untuk menarik kolesterol jahat dalam darah.

3. Tomat

Tomat amat kaya likopen, yakni antioksidan yang jumlahnya makin banyak setelah dimasak dan diolah. Kehadiran likopen ternyata bermanfaat meningkatkan pelebaran darah pada pasien penyakit kardiovaskular.

4. Kacang kenari

Kacang yang satu ini kaya antioksidan dan asam lemak omega-3 yang secara signifikan mengurangi risiko penyakit jantung. Dengan konsumsi kacang kenari satu ons kacang kenari sebanyak lima kali dalam seminggu dapat memangkas risiko penyakit jantung hingga 40 persen.

5. Rooibos tea

Nama teh yang tanamannya biasa tumbuh di Afrika ini mungkin asing di telinga kita, namun sudah produknya tak sulit ditemukan. Sebuah studi dari Amerika Serikat temukan bahwa komponen dalam rooibos tea dapat mengurangi hormon stres sehingga menjaga jantung tetap sehat.

 

Sumber : Liputan6

Berita Terkait : Hati-hati, Berlebihan Minum Jus Jeruk Berisiko Kanker Kulit

Kesehatan , Makanan Lezat , Sehat Jantung , Menyehatkan Jantung

Don't miss the stories followPortal Berita & Gosip Terbaru and let's be smart!
Loading...
0/5 - 0
You need login to vote.
Filed in
hati-hati-berlebihan-minum-jus-jeruk-berisiko-kanker-kulit

Hati-hati, Berlebihan Minum Jus Jeruk Berisiko Kanker Kulit

makanan-penangkal-radikal-bebas-organ-hati

Makanan Penangkal Radikal Bebas Organ Hati

Related posts
Your comment?
Leave a Reply