Cara Menjaga Kesehatan Hidung untuk Cegah ISPA

294 Viewed admin4 0 respond
cara-menjaga-kesehatan-hidung-untuk-cegah-ispa
cara-menjaga-kesehatan-hidung-untuk-cegah-ispa

Infokuberita.com – MUSIBAH asap akibat kebakaran hutan di Sumatra dan Kalimantan semakin mengkhawatirkan kesehatan masyarakat. ISPA adalah penyakit yang selalu dikaitkan dengan asap.

Mengenai asap, dokter spesialis THT dari Rumah Sakit Pusat Pertamina, dr Herlina Ida Haryaningsih, SpTHT, mengatakan hidung memiliki mekanisme perlindungan terhadap partikel debu atau asap dengan reflek bersin. Yang tidak keluar dengan reflek bersin, akan menempel pada mukosa hidung, mulut dan tenggorokan yang langsung terkena pajanan debu/asap.

“Pajanan akan menyebabkan reaksi alergi, peradangan, dan mungkin juga infeksi. Peradangan akan merangsang keluarnya sekresi lender berlebih, yang bisa menjadi media yang baik untuk tumbuhnya bakteri,” jelas dr Herlina, dalam rilis oleh SOHO Global Health, yang diterima Okezone, Jumat (23/10/2015).

Single content advertisement top

Jika hal ini sudah terjadi, seseorang bisa kesulitan bernafas hingga bakteri tidak bisa dikeluarkan. Benda asing akan tertarik masuk ke saluran pernafasan dan terjadilah infeksi saluran pernafasan. Dengan ketidakseimbangan daya tahan tubuh, pola bakteri, virus, atau faktor lain penyebab penyakit, serta buruknya lingkungan akan memperburuk kondisi.

Cara Menjaga Kesehatan Hidung untuk Cegah ISPA

Cara Menjaga Kesehatan Hidung untuk Cegah ISPA

ISPA dapat terjadi karena serangan mikroorganisme virus seperti adenovirus, rhinovirus, coronavirus, pneumokokus, streptococus, dan yang paling umum adalah virus influenza. Selain itu, bakteri, jamur dan pajanan debu/asap juga dapat menjadi penyebab terjadinya ISPA.

ISPA akan menimbulkan gejala antara lain, hidung tersumbat atau berair, paru-paru terasa tersumbat, batuk dan tenggorokan terasa sakit, kerap merasa kelelahan, dan tubuh merasa sakit. Apabila ISPA bertambah parah, gejala yang lebih serius akan muncul seperti kesulitan bernapas, demam tinggi dan menggigil, tingkat oksigen dalam darah rendah, kesadaran yang menurun bahkan pingsan.

Dr. Herlina menambahkan, ada beberapa hal yang dapat anda lakukan untuk mencegah terjangkit ISPA antara lain:

Perkuat daya tahan tubuh

Sistem kekebalan tubuh seseorang sangat berpengaruh dalam melawan infeksi virus maupun bakteri terhadap tubuh manusia. Risiko seseorang mengalami infeksi akan meningkat ketika kekebalan tubuh lemah, yang cenderung terjadi pada anak-anak dan orang yang lebih tua.

Juga siapa pun yang memiliki penyakit atau kelainan dengan sistem kekebalan tubuh yang lemah. Perhatikan juga bila Anda memiliki alergi dan penyakit bawaan. Konsumsi buah dan sayur secara lebih rutin, bila perlu tambahkan suplemen herbal yang mengandung bahan immunodulator tinggi seperti Echinaceae.

Cara Menjaga Kesehatan Hidung untuk Cegah ISPA

Cara Menjaga Kesehatan Hidung untuk Cegah ISPA

Hindari keluar rumah tanpa perlindungan

Jika terpaksa, gunakan masker untuk mengurangi dampak dari terhisapnya partikel debu dan asap yang mengandung karbon ke hidung anda. Selain itu hindari manipulasi hidung berlebihan seperti terlalu sering menggosok dan memegang hidung, mengeluarkan lendir terlalu keras, dan mengorek hidung karena dikhawatirkan akan membuat hidung terluka dan rentan terhadap infeksi.

Ikuti pola hidup bersih sehat (PHBS)

Yaitu sebuah pola yang dianjurkan oleh Kementerian Kesehatan, yaitu selalu mencuci tangan, beristirahat cukup, serta makan teratur.

Selalu jaga kehigienisan makanan serta minuman

Makanan bergizi dapat terkontaminasi oleh asap dan debu. Cucilah buah-buahan serta sayuran dengan bersih sebelum dikonsumsi.

 

Sumber :Okezone

Berita Terkait8 Manfaat Minum Lemon dengan Air Hangat di Pagi Hari

Kesehatan , Menjaga kesehatan Hidung , Cegah ISPA

Don't miss the stories followPortal Berita & Gosip Terbaru and let's be smart!
Loading...
0/5 - 0
You need login to vote.
Filed in
8-manfaat-minum-lemon-dengan-air-hangat-di-pagi-hari

8 Manfaat Minum Lemon dengan Air Hangat di Pagi Hari

pisang-bisa-bunuh-virus-hepatitis-c-dan-flu

Pisang Bisa Bunuh Virus Hepatitis C dan Flu?

Related posts
Your comment?
Leave a Reply