Body Checking Lebay Konser EXO di Jakarta Diadukan ke KPAI

234 Viewed admin3 0 respond
Body Checking Lebay Konser EXO di Jakarta Diadukan ke KPAI
Body Checking Lebay Konser EXO di Jakarta Diadukan ke KPAI

infokuberita.com – Konser ‘THE EXO’luXion’ yang digelar di ICE BSD pada Sabtu (27/2/2016) lalu meninggalkan kesan negatif untuk beberapa EXO-L (sebutan untuk fans EXO) yang datang menonton. Hal tersebut terkait dengan pemeriksaan dari pihak security yang dirasa berlebihan.

Body Checking Lebay Konser EXO di Jakarta Diadukan ke KPAI

Body Checking Lebay Konser EXO di Jakarta Diadukan ke KPAI

Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) menerima laporan dari beberapa fans dan orangtua fans yang menonton konser tersebut. Bahwa ada dugaan pelecehan seksual yang terjadi pada proses body checking yang dilakukan sebelum memasuki venue konser di Indonesia Convention Exhibition Sabtu pekan lalu.

“Ada dugaan pelecehan seksual yg terjadi pada security process para penonton yang akan menonton konser EXO di ICE BSD tanggal 27 Februari 2016. Hal ini di lakukan security(Pelopor Guard) dengan alibi body checking,” tulis sekretaris KPAI, Rita Pranawati dalam rilis resmi yang diterima detikHOT pada Kamis (3/3/2016).

Di rilis pers yang sama, KPAI menyebutkan bahwa sampai saat ini sudah ada tiga penonton perempuan usia anak yang sedang dalam proses melaporkan kejadian ini ke KPAI. Mereka juga mengimbau kepada para orangtua yang mengetahui anaknya menonton untuk berkomunikasi dan ikut melaporkan jika memang anak yang menonton diduga menjadi korban pelecehan seksual.

Single content advertisement top

“Hal ini penting agar anak-anak dapat segera keluar dari kondisi trauma dan mendapatkan pendampingan lanjutan secara tepat. KPAI juga mengimbau agar para korban anak ini dengan didampingi orang tua dapat melapor ke KPAI agar dilakukan advokasi secara kolektif,” lanjutnya.

Menurut KPAI, pemeriksaan keamanan dengan dalih apapun tidak diperkenankan untuk menyentuh bagian vital orang yang diperiksa. Apalagi jika dilakukan dengan pemaksaan karena akan menimbulkan situasi trauma. Apalagi dilakukan di tempat terbuka dan disaksikan oleh security yang berjenis kelamin laki-laki.

“Dalam konteks keamanan bandara sekalipun, tidak ada sentuhan ke tubuh karena metal detektor lebih dari cukup untuk pengawasan media perekam ataupun pemeriksaan untuk dugaan ancaman keamanan lainnya,” tutur KPAI lagi.

Jika memang benar ada pelecehan seksual dalam proses pemeriksaan masuk di konser EXO Jakarta, maka terjadi dugaan pelanggaran pasal 76 B dan C, yaitu “Setiap orang dilarang menempatkan, membiarkan anak dalam situasi perlakuan salah dan penelantaran; 76 C setiap orang dilarang menempatkan, membiarkan melakukan menyuruh melakukan atau turut serta melakukan kekerasan terhadap anak. Ancaman hukuman 76 B paling lama penjara 5 tahun dan atau denda paling banyak 100 juta; 76C ancaman hukuman paling lama 3 tahun 6 bulan dan atau denda paling banyak 72 juta.”

KPAI mengimbau para orangtua yang mengetahui anak-anaknya menonton dan mengalami tindakan tidak menyenangkan di atas untuk ikut melaporkan kejadian tersebut ke KPAI. Saat ini KPAI juga akan melakukan pemanggilan kepada para pihak penyelenggara konser terutama yang bertanggung jawab dengan urusan anak.

Keluhan terhadap body checking lebay ini memang sudah beredar luas di media sosial setelah konser. Promotor Mecima Pro sendiri menyebutkan bahwa body checking ini dilakukan sebagai tindakan pengamanan. Mengingat sempat beredar isu bom di kawasan Alam Sutera beberapa waktu lalu.

Sementara fans menilai apa yang dilakukan promotor ini terlalu berlebihan. Ada pula yang menaruh kecurigaan bahwa sebenarnya tindakan pengecekan ini dilakukan semata-mata demi merazia kamera yang kemungkinan dibawa oleh fans ke ruangan konser. Meski promotor sudah membantah hal bahwa pemeriksaan bukan cuma karena alasan membawa kamera.

sumber: detik

artikel terkait: Nick Lachey Gantikan Dave Grohl, Foo Fighters Bubar?

berita musik, berita infotainment

Don't miss the stories followPortal Berita & Gosip Terbaru and let's be smart!
Loading...
0/5 - 0
You need login to vote.
Filed in
Nick Lachey Gantikan Dave Grohl, Foo Fighters Bubar?

Nick Lachey Gantikan Dave Grohl, Foo Fighters Bubar?

Robin Thicke yang Seksi Hipnotis Java Jazz 2016 Hari Pertama

Robin Thicke yang Seksi Hipnotis Java Jazz 2016 Hari Pertama

Related posts
Your comment?
Leave a Reply