Berat Badan, Salah Satu Penyebab Masalah Menstruasi

346 Viewed admin4 0 respond

Menstruasi, salah satu siklus yang dialami wanita di hampir sebagian besar hidupnya. Dari siklus menstruasi Anda juga jadi tahu seperti apa kesehatan tubuh Anda sebenarnya. Dari menstruasi pula Anda juga jadi lebih bisa memerhatikan kondisi tubuh, seperti misalnya jika muncul masalah saat menstruasi.Salah satu yang menjadi penyebab masalah saat menstruasi adalah berat badan. Memiliki tubuh terlalu gemuk atau terlalu kurus bisa menyebabkan masalah yang akan berimbas pada menstruasi yang tidak sehat. Jika Anda terlalu gemuk, tubuh yang kelebihan lemak bisa memicu peningkatan kadar estrogen yang nantinya bisa menghentikan ovarium dalam melepaskan sel telur sementara endometroim terus menebal.

Single content advertisement top

Wanita obesitas biasanya mengalami siklus menstruasi yang jarang, namun jika saatnya menstruasi bisa memakan waktu yang lama atau panjang. Terlalu gemuk akan memicu terlalu banyaknya produksi hormon estrogen yang juga bisa meningkatkan risiko kanker endometrium.

Sedangkan jika terlalu kurus, tubuh memiliki efek berlawan saat Anda obesitas. Tubuh jadi kurang menghasilkan hormon estrogen dan menyebabkan tubuh tidak cukup membentuk lapisan darah di dalam dinding rahim atau endometrium sehingga Anda tidak bisa mendapatkan menstruasi. Selama Anda tetap makan dengan nutrisi yang cukup dan tidak mengalami kemunduran siklus haid, tubuh yang kurus masih bisa diatasi.

Namun akan lebih baik lagi jika tubuh memiliki berat ideal, tidak terlalu gemuk juga tidak terlalu kurus. Jika pun kelebihan berat badan, pastikan tidak terlalu jauh dari angka berat badan ideal Anda ya Ladies.

 

Sumber : vemele

Berita Terkait : Selain Cegah Kanker, Ini Alasan Anda Perlu Makan Nanas

 

Don't miss the stories followPortal Berita & Gosip Terbaru and let's be smart!
Loading...
0/5 - 0
You need login to vote.
Filed in

Selain Cegah Kanker, Ini Alasan Anda Perlu Makan Nanas

Manfaat Sarapan Pagi Bagi Anak-Anak

Related posts
Your comment?
Leave a Reply