Banyuwangi Festival Usung Pesona Bawah Laut Hingga Pasar Ikan

265 Viewed admin3 0 respond
Banyuwangi Festival Usung Pesona Bawah Laut Hingga Pasar Ikan
Banyuwangi Festival Usung Pesona Bawah Laut Hingga Pasar Ikan

infokuberita.com РAjang wisata Banyuwangi Festival kembali digelar mulai Maret hingga Desember 2016. Tahun ini, terdapat 60 event yang digagas pemerintah, swasta dan masyarakat adat osing untuk ikut menyemarakkan Banyuwangi Festival.Beberapa sejumlah atraksi wisata anyar menghiasi etalase Banyuwangi Festival 2016. Di antaranya Banyuwangi International BMX (2 April), Festival Arung Jeram (16-17 April), Student Jazz Festival  (22 April), Underwater Festival (21 Mei), Festival Padu (22 Juni), Festival Merdeka (1-31 Agustus), Public Service Festival (9-12 Agustus), Festival Pasar Ikan (15 Oktober), dan Festival Ramadhan (8-28 Juni).

Banyuwangi Festival Usung Pesona Bawah Laut Hingga Pasar Ikan

Banyuwangi Festival Usung Pesona Bawah Laut Hingga Pasar Ikan

Event anyar yang berbasis budaya osing dan telah mengakar sebagai bagian hidup turun temurun, antara lain tradisi arung kanal, Festival Lagu Using, tradisi Puter Kayun, dan Petik Laut Muncar.

Single content advertisement top

Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas mengatakan, kolaborasi event anyar yang disajikan semakin memperpanjang siklus destinasi yang diharapkan bisa menambah jumlah dan lama kunjungan wisatawan. Semisal, Underwater Festival yang diperkenalkan untuk mempromosikan kekayaan bawah laut. Selain menjadi destinasi snorkeling maupun diving favorit, kegiatan ini juga bisa mempromosikan keindahan perairan bawah laut dan kolaborasi peran serta pemuda desa setempat yang getol menjaga lingkungan.

“Underwater Festival ini juga edukasi bagi publik. Akan kami tunjukkan bagaimana masyarakat di Pantai Bangsring melakukan konservasi, berinisiatif menanam dan melestarikan terumbu karang di sana, hingga bagaimana ide cemerlang mereka kini bisa menjadi sebuah destinasi wisata baru. Masyarakat di sana patut diapresiasi dan didukung,” ujar Anas usai launching Banyuwangi Festival di Pendopo Sabha Swagata Blambangan, Jumat (11/3/2016) sore.

Event baru lain Banyuwangi Fish Market Festival (15 Oktober) yang akan digelar di Pantai Muncar, dimaksudkan untuk mengeksplorasi potensi perikanan Banyuwangi. Event ini akan digelar sehari sebelum pelaksanaan tradisi Petik Laut Muncar.

“Jadi kami bikin event yang bisa semakin menaikkan pamor komoditas perikanan laut. Lewat festival ini, misalnya, kami ajak wisatawan untuk mengenal berbagai jenis ikan yang ada. Kami juga akan tunjukkan berbagai olahan hingga produk jadi perikanan, termasuk produk perikanan Banyuwangi yang diekspor,” jelas Anas.

Selain itu, tambah Anas, ada Festival Pelayanan Publik yang digelar untuk mengenalkan berbagai pelayanan publik terbaru.

“Masyarakat akan kami turutkan untuk menciptakan pelayanan yang transparan dan akuntabel. Festival in, juga menjadi wadah kami menampung semua masukan publik akan pelayanan pemerintah daerah,” papar Anas.

Wisatawan yang melihat ragam event wisata Banyuwangi, nantinya juga bisa mengunjungi berbagai destinasi alam yang ada. Sehingga ragam kunjungan seni budaya dibuat tak hanya menguntungkan sesaat saja, tapi bisa membuat wisatawan semakin betah dan berlama-lama untuk tinggal di Banyuwangi. Hal itu tentu membuat perputaran ekonomi semakin meningkat.

sumber: detik

artikel terkait:  Melihat Satu-satunya Gletser Abadi di Indonesia

berita wisata, wisata indonesia

Don't miss the stories followPortal Berita & Gosip Terbaru and let's be smart!
Loading...
0/5 - 0
You need login to vote.
Filed in
Melihat Satu-satunya Gletser Abadi di Indonesia

Melihat Satu-satunya Gletser Abadi di Indonesia

India Rayakan Festival Holi yang Penuh Warna

India Rayakan Festival Holi yang Penuh Warna

Related posts
Your comment?
Leave a Reply