Apa Itu Alien Hand Syndrome? Ini Penjelasannya.

21 Viewed admin4 0 respond
Apa Itu Alien Hand Syndrome? Ini Penjelasannya.
infokuberita.com – Apa Itu Alien Hand Syndrome? Ini Penjelasannya. – Seiring perkembangan jaman, berbagai penyakit baru dan langka mulai ditemukan. Salah satu yang membuat penasaran adalah suatu sindrom aneh dan langka yang kenal dengan sebutan Alien Hand Syndrome (AHS) atau sindrom tangan alien. Apa itu?
Orang yang menderita Alien Hand Syndrome (AHS) sering merasakan tangannya bergerak, menggapai atau menggenggam sesuatu di luar kontrol. Menurut Dr Strangelove, Alien Hand Syndrome (AHS)  merupakan keadaan dimana bagian tubuh seseorang dapat bergerak sendiri tanpa diperintah seakan-akan bagian tubuh tersebut mempunyai pikiran dan kehendak sendiri.

Apa Itu Alien Hand Syndrome? Ini Penjelasannya.

Apa Itu Alien Hand Syndrome? Ini Penjelasannya.

Sebuah penelitian tahun 2009 menunjukkan orang yang menderita sindrom tangan alien kebanyakan disebabkan karena stroke pada bagian otak kanan. Studi lain menyebutkan bagian otak yang mengontrol gerakan bebas mungkin secara unik menjadi aktif.

Bagaimana ini bisa terjadi?
 
Alien Hand Syndrome adalah neurological disorder (kelainan neurologis) yang membuat korban merasa dia telah kehilangan kontrol dari salah satu tangannya.

Kalimat diatas adalah kata kunci untuk menjawab misteri ini. “Kehilangan kontrol”, normalnya kita dapat mengatur dan memerintah seluruh bagian tubuh kita melalui otak. Kita menggunakan otak kanan untuk memerintah tubuh kita dengan menggunakan semacam sinyal listrik. Nah, dalam kasus AHS ini penderitanya tidak bisa mengalirkan sinyal listrik tersebut secara benar (ada gangguan).

Single content advertisement top

Jika disuruh mengangkat tangan sambil menutup mata, maka penderita syndrome ini akan merasa dia telah mengangkat tangannya namun sebenarnya tangannya tidak terangkat atau bahkan sedang bergerak-gerak kesana kemari.

Dalam kasus ekstrim, telah dilaporkan penderita pernah melakukan pergulatan/perkelahian dengan tangan mereka sendiri, dan bahkan ketika saat tidur. Alien Hand Syndrome ini disebabkan oleh trauma/gangguan ke otak tidak berbeda seperti halnya stroke, hilang ingatan, geger otak/cedera otak, dll. Karena disebabkan oleh cacat otak, maka penyakit ini tidak dapat disembuhkan dan sampai sekarang belum ditemukan cara pengobatannya. Walau begitu gejala-gejalanya dapat diobati dengan melakukan terapi secara berkala.

Uniknya tangan yang terkena Alien Hand Syndrome ini bisa melakukan berbagai macam hal seperti yang bisa dilakukan ketika tangan dikendalikan secara normal. Jadi tangan yang terkena AHS dapat memegang, menunjuk, memanipulasi alat-alat, dll.

Mungkin ini disebabkan karena adanya ingatan diotak untuk menggerakkan tangan seperti biasa, namun dalam kasus AHS otak sadar tidak bisa mengendalikan bagian tubuh yang terinfeksi melainkan otak bawah sadar yang menggerakannya.

Masih menjadi misteri

Sindrom ini pertama kali diidentifikasi pada tahun 1909 dan hanya ada 40 sampai 50 kasus yang tercatat waktu itu. Penyebab sindrom ini masih sangat misterius. Namun, untuk membantu mengidentifikasi gangguan ini, Assal dan rekannya menggunakan functional Magnetic Resonance Imaging (fMRI) untuk melakukan scan (skrining) otak.

Scan otak dilakukan pada seorang pria usia 70 tahun yang menderita AHS setelah ia menderitastroke. Scan otak dilakukan pada saat lengan pria tersebut diikat, sementara ia beristirahat. Pada saat orang tersebut memindahkan tangannya, hasil scan otak menunjukkan aktivitas di beberapa daerah otak.

Menurut Assal, selama terjadi gerakan-gerakan tangan alien, scan otak hanya menunjukkan aktivitas di sisi kanan otak, yaitu di daerah yang disebut korteks motor. Gerakan spontan dan sukarela yang melibatkan korteks motor ini tidak melibatkan bagian-bagian lain dari otak.

Tapi Assal dan rekannya tidak dapat menemukan pasien lain yang mengalami AHS, sehingga tidak jelas apakah gejala pada pasien ini mewakili gejala yang terjadi pada semua pasien sindrom tangan asing.

Namun dengan hasil ini, dokter setidaknya mengetahui bahwa temuan ini akan memberikan penjelasan baru tentang kontrol otak gerakan sukarela dan spontan.

Sumber : Serupedia

Don't miss the stories followPortal Berita & Gosip Terbaru and let's be smart!
Loading...
0/5 - 0
You need login to vote.
Tahi lalat

Bagaimana Tahi Lalat Terbentuk? Ini Jawabannya.

Alien mirip manusia

Mengapa Alien Mirip Manusia?

Related posts
Your comment?
Leave a Reply