Anies: Paslon Nomor 2 Menang 90 Persen di 480 TPS, Ini Lucu

53 Viewed admin1 0 respond
Anies: Paslon Nomor 2 Menang 90 Persen di 480 TPS, Ini Lucu
Anies: Paslon Nomor 2 Menang 90 Persen di 480 TPS, Ini Lucu

infokuberita.com – Calon gubernur Jakarta Anies Rasyid Baswedan ingin agar warga Jakarta, selain memilih dirinya namun juga ikut menjaga tempat pemungutan suara (TPS) pada hari pencoblosan di putaran kedua nanti. Hal ini dilakukan untuk menghindari praktik ‘lucu’.

“Besok, harus pastikan bukan hanya coblos, bukan hanya memenangkan, tapi mengamankan TPS-TPS yang ada. Sebulan ini kita ajak semuanya bukan hanya untuk pilih nomor 3. Tapi juga untuk menjaga warga kita dari praktik-praktik yang lucu,” kata Anies di Jalan Mardani Raya nomor 36, Cempaka Putih, Jakarta Pusat, Sabtu (18/3/2017).

Praktik-praktik lucu yang dimaksudnya adalah ditemukannya 480 lebih TPS yang dimenangkan oleh pasangan calon nomor urut 2 Basuki Tjahaja Purnama (Ahok)-Djarot Saiful Hidayat. Dan di TPS tersebut, Ahok-Djarot mendapatkan perolehan suara lebih dari 90 persen.

Anies mengaku tidak mengetahui bagaimana hal itu bisa terjadi. Karena itu, ia menyebutnya sebagai hal yang lucu. Maka Anies mengajak warga untuk menjaga TPS. Dia mengutarakan ajakan ini di tiga lokasi berbeda.

Single content advertisement top

“Kenapa saya sampaikan ini? Ada 480 lebih TPS yang angka kemenangannya di atas 90 persen. Mungkin nggak (bila) di tempat itu 90 persen menang? Bapak-ibu, ini lucu. Tapi saya juga tidak tahu apa yang terjadi. Makanya saya bilang lucu,” ujar Anies.

“Di mana-mana kalau pilkada itu, nomer 1 kalau menang nih, dapat 55 persen. Sisanya bagi dua. Menang 60 persen, yang 40 dibagi dua. Itu umumnya begitu. Tapi nomor 2 ada 480 TPS lebih yang angkanya di atas 90 persen. Karena itu kita jaga sama-sama,” sambungnya.

Anies berharap hal ini tidak terulang lagi pada hari pencoblosan 19 April 2017 nanti. Ia juga mengimbau agar tidak lagi ada kecurangan.

Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan di Kabinet Kerja ini ingin agar gelaran Pilgub DKI 2017 dapat menjadi contoh praktik demokrasi yang baik. Sebab, peristiwa ini disaksikan tak hanya oleh warga Indonesia, namun juga dunia internasional. Anies belum mau merinci strategi yang akan diterapkannya untuk mengantisipasi adanya kecurangan.

Anies: Paslon Nomor 2 Menang 90 Persen di 480 TPS, Ini Lucu

Anies: Paslon Nomor 2 Menang 90 Persen di 480 TPS, Ini Lucu

“Ada sih, tapi kalau diomongin sekarang, nggak jadi strategi lagi. Karena pengalaman dari kita kemarin, karena kita ingin agar nggak ada lagi deh yang lucu-lucu di Pilkada besok, ini disaksikan oleh seluruh warga Indonesia bahkan dunia menonton. Tapi kita tunjukkan di Jakarta bisa bersih, di Jakarta bisa fair, demokratis. Jadi bukti kepada dunia, kalau mau lihat praktik demokrasi yang baik, lihatlah apa yang ada di Jakarta,” ungkap Anies.

“Karena itu saya mengimbau kepada semua pihak yang hari ini mau curang, dihentikan saja curangnya. Jangan merusak nama baik Indonesia. Jangan merusak Jakarta,” tuturnya.

Dia mengimbau agar warga non-Jakarta tak usah ikut-ikutan mendaftar jadi pemilih di Pilgub DKI. Ajang ini hanya untuk warga Ibu Kota, yang lain silakan menyaksikan dengan baik.

“Biarkan warga Jakarta memilih gubernurnya sendiri. Jangan kita yang bukan warga Jakarta ikut-ikut,” tambahnya.

Sebagaimana diketahui, pada putaran pertama lalu, Komisi Pemilihan Umum (KPU) DKI Jakarta menyatakan tidak ada paslon yang mengajukan gugatan sengketa pilkada ke Mahkamah Konstitusi (MK). Terkait hal ini, Anies mengatakan tidak mengajukan gugatan karena tidak tahu apa yang terjadi.

Hanya saja, Anies mengimbau kepada masyarakat secara umum dan pendukungnya secara khusus untuk ikut menjaga TPS dengan membantu Ketua RT dan petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) saat hari pencoblosan nanti.

berita terkait: Akibat Isu Medsos Soal Penculikan, Perempuan Ini Nyaris Diamuk

sumber: detik.com

Don't miss the stories followPortal Berita & Gosip Terbaru and let's be smart!
Loading...
0/5 - 0
You need login to vote.
Akibat Isu Medsos Soal Penculikan, Perempuan Ini Nyaris Diamuk

Akibat Isu Medsos Soal Penculikan, Perempuan Ini Nyaris Diamuk

Terjadi Longsor di Cisewu, Jalan Garut-Bandung Terputus

Terjadi Longsor di Cisewu, Jalan Garut-Bandung Terputus

Related posts
Your comment?
Leave a Reply