Aneh! Sinyal Radio Misterius Terdeteksi dari Bintang, Tanda Ada Kehidupan?

39 Viewed admin4 0 respond
Aneh! Sinyal Radio Misterius Terdeteksi dari Bintang, Tanda Ada Kehidupan?
Aneh! Sinyal Radio Misterius Terdeteksi dari Bintang, Tanda Ada Kehidupan?

infokuberita.com – Aneh! Sinyal Radio Misterius Terdeteksi dari Bintang, Tanda Ada Kehidupan? – Sebuah bintang yang terletak hanya 11 tahun cahaya dari Bumi mengirimkan sinyal radio aneh, sehingga membuat para ahli bingung.

Sinyal misterius itu tampaknya berasal dari Ross 128, bintang kerdil merah yang sedikit dieksplorasi dan tak diketahui memiliki planet yang dikelilinginya.

Single content advertisement top
Aneh! Sinyal Radio Misterius Terdeteksi dari Bintang, Tanda Ada Kehidupan?

Aneh! Sinyal Radio Misterius Terdeteksi dari Bintang, Tanda Ada Kehidupan?

Peneliti mengatakan bahwa sinyal yang tak biasa diambil dalam ledakan periodik dan menambahkan penyelidikan lebih lanjut diperlukan untuk menemukan sumber sinyal tersebut.

Sinyal radio terdeteksi menggunakan Arecibo Observatory, teleskop radio besar yang terletak di Puerto Rico. Profesor Abel Mendez, seorang ahli astrobiologi di Universitas Puerto Rico mengatakan bahwa tak mungkin sinyal dikirim alien, namun ia menambahkan kemungkinan tersebut belum dikesampingkan.

“Kelompok Search for Extraterrestrial Intelligence (SETI) menyadari adanya sinyal,” kata Profesor Mendez kepada Business Insider.

Profesor Mendez mengatakan bahwa sinyal tersebut mungkin berasal dari satelit yang mengorbit, yang bisa menghalangi pandangan teleskop.

“Bidang pandang (Arecibo) cukup lebar, jadi ada kemungkinan sinyal tak disebabkan oleh bintang tapi objek lain yang saling berhadapan,” kata Mendez menambahkan bahwa beberapa satelit komunikasi mentransmisikan di frekuensinya.

Akan tetapi, dalam posting-an blog pribadi yang melaporkan temuannya, Profesor Mendez mengatakan, “Kita tak pernah melihat satelit memancarkan semburan seperti itu dan mencatat bahwa sinyal sangat aneh.”

Profesor Mendez mendengar sinyal tersebut selama periode sepuluh menit dan menulis bahwa mereka unik bagi Ross 128. “Pengamatan terhadap bintang lain segera sebelum dan sesudah tak menunjukkan hal yang serupa,” lanjutnya seperti dikutip dari Daily Mail, Rabu (19/7/2017).

Sinyal juga bisa diakibatkan oleh suar bintang, ledakan energi dari permukaan bintang. Ledakan seperti itu bisa berjalan dengan kecepatan tinggi dan memancarkan sinyal radio yang kuat, yang mampu mengganggu satelit dan komunikasi di Bumi.

Namun, kata Profesor Mendez, jilatan api matahari biasanya terjadi di frekuensi yang jauh lebih rendah dibandingkan sinyal yang diamati oleh Arecibo. Para peneliti sekarang berencana untuk mengamati Ros 128 dan sekitarnya berkali-kali dimulai pada 16 Juli.

 

Sumber : Okezone

Don't miss the stories followPortal Berita & Gosip Terbaru and let's be smart!
Loading...
0/5 - 0
You need login to vote.
Fenomena 'Bulu Malaikat (Angels' Hair)' yang Mencengangkan

Fenomena ‘Bulu Malaikat (Angels’ Hair)’ yang Mencengangkan

Related posts
Your comment?
Leave a Reply