7 Tips Selalu Sehat di Musim Hujan

447 Viewed admin3 0 respond
7 Tips Selalu Sehat di Musim Hujan
7 Tips Selalu Sehat di Musim Hujan

infokuberita.com – Banyak kegiatan seru yang bisa Anda lakukan ketika hari sedang hujan. Tapi hujan bisa jadi begitu berbahaya untuk Anda, terutama jika berbicara soal kesehatan.

7 Tips Selalu Sehat di Musim Hujan

7 Tips Selalu Sehat di Musim Hujan

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) telah memperkirakan pada akhir Oktober hingga November menjadi awal turunnya musim hujan di ibukota. Sebelum menikmati hujan sepanjang hari, perhatikan kesehatan Anda karena kelembapan udara di musim itu membuat virus dan bakteri menyebar lebih cepat dari biasanya.

Dikutip dari laman skymetweather.com, pada Kamis (22/10/2015) sore, tujuh tips ini akan mempersenjatai Anda selama ‘hujan’ bakteri dan virus setelah hujan turun.

1.  Bawa pakaian ganti

Single content advertisement top

Hujan deras, hujan ringan, atau gerimis, semuanya sama-sama membuat Anda basah. Berjalan-jalan dengan pakaian basah bisa membuat Anda sakit dan oleh karena itu selalu siapkan baju tambahan dalam tas Anda.

Bila tak memungkinkan, setidaknya sediakan handuk untuk mengeringkan kepala yang terguyur hujan. Bila setelah kehujanan Anda merasa tak enak badan, demam,  hingga flu, itu berarti virus telah masuk ke dalam tubuh.

2. Bawa payung

Menghindari air saat hujan mungkin berlebihan dan mustahil, tapi orang-orang lupa kalau seharusnya mereka membawa payung atau jas hujan. Pakaian, kaus kaki, dan tas yang basah akan membuat jamur, bakteri, dan virus cepat berkembang.

3. Cuci tangan

Mencuci tangan adalah tindakan yang harus dilakukan di musim apapun. Mencuci tangan dengan sabun tetap ada di daftar paling atas untuk membuat Anda tetap sehat dan higienis.

Selama musim hujan, jamur, bakteri dan virus akan ‘pro-aktif’ dan banyak cara untuk membuat Anda sakit. Jadi, jangan lupa cuci tangan sebelum makan, dan bawa hand sanitizer kemanapun Anda pergi.

4. Bawa saputangan

Saputangan sebetulnya adalah benda paling dasar yang harus ada di dalam saku baju. Lupakan soal pencitraan atau sekadar mengisi saku, karena sapu tangan punya manfaat lebih dari itu.

Virus masuk lewat mulut, mata, bahkan hidung Anda. Jadi jangan coba-coba untuk menyentuh wajah sesering apapun dengan tangan.

5. Hindari jajanan pasar

Makan aneka jajanan selepas hujan memang menyenangkan. Mencari berminyak, panas, pedas dan menggoda membuat Anda lupa kalau segala segala yang pedas dan tajam tak cocok untuk orang-orang di musim hujan.

Makanan yang dijajakan di udara terbuka, di jalan-jalan, kemungkinan membawa penyakit yang ditularkan melalui air dan udara. Ayo beralih ke makanan yang sehat di rumah, lalu berhenti melihat warung pinggir jalan dengan lapar mata.

6. Minum teh herbal

Teh herbal memiliki efek terapi pada tubuh dan bermanfaat untuk kesehatan Anda secara keseluruhan. Jika Anda entah bagaimana akhirnya basah kuyup karena hujan, segera seduh teh herbal. Cukup tambahkan cengkeh, kayu manis, kemangi, lada, dan jahe lalu meneguknya. Selain menghangatkan tubuh, teh juga punya segudang manfaat sehat lainnya.

7. Pakai Sepatu

Di kala hujan, air dari selokan atau got mungkin naik ke atas jalan, membasahi kaki Anda yang hanya memakai sandal. Jangan biarkan kaki terkena semua bakteri atau virus dari air yang dapat menyebabkan infeksi kulit yang tidak diinginkan.

Selain itu, daerah yang terbuka pada tubuh Anda juga rentan terjangkit penyakit yang terbawa air juga. Jadi pastikan tubuh Anda tertutup dan pakailah sepatu!

 

sumber: liputan6

berita terkait: Tips Manjur Dapat Kerja di Kota Besar

berita tips dan trik, tips dan trik

Don't miss the stories followPortal Berita & Gosip Terbaru and let's be smart!
Loading...
0/5 - 0
You need login to vote.
Tips Manjur Dapat Kerja di Kota Besar

Tips Manjur Dapat Kerja di Kota Besar

trik-cegah-insomnia-khusus-wanita-hamil

Trik Cegah Insomnia Khusus Wanita Hamil

Related posts
Your comment?
Leave a Reply